Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 Tiongkok Kembali Pakai Kualifikasi Format 2015

Jumat, 8 April 2016 | 17:32 WIB

EROPA – Kualifikasi format baru dengan mengeliminasi pembalap paling lambat setiap 1,5 menit yang menuai banyak kritik, setelah dijalankan di seri Australia dan Bahrain akan mengaplikasi format lama di F1 Seri 3 Shanghai, Tiongkok.

Balap F1 akan kembali menggunakan kualifikasi format 2015 untuk GP Tiongkok pekan depan di Shanghai dan seterusnya untuk sisa musim ini.

FIA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (7/4) setelah menghadapi tim peserta. Diambil keputusan untuk  mengakhiri penentuan posisi start dengan kualifikasi eliminasi.

Dikatakan, Presiden FIA Jean Todt dan bos penyelenggara balap F1 Bernie Ecclestone telah menerima langkah ini untuk kepentingan kejuaraan.

Tim sebelumnya telah sepakat melayangkan surat kepada Ecclestone dan Todt, menyerukan sistem kualifikasi 2015 diaktifkan kembali dan menolak proposal kualifikasi agregat yang diajukan oleh FIA.

Sistem kualifikasi tahun ini, setelah waktu tertentu dalam tiga periode, pembalap mulai tersingkir setiap 1,5 menit.

Sehingga saat mereka  masih duduk di dalam mobilnya di garasi, mereka sudah tersingkir. Tidak ada kesempatan untuk berjuang memperbaiki catatan waktu. Hal ini memicu reaksi baik dari tim, pembalap maumpun penggemar balap F1.

Kini sistem kualifikasi menggunakan model tahun lalu, dengan tiga periode. Setiap periode, pembalap berkesempatan memacu mobilnya mencetak waktu terbaik hingga bendara finish dikibarkan. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa