VW 1200 1965, Buggy Gawean Off-road

Kamis, 14 April 2016 | 08:48 WIB

Ketika modifikator ditantang menghidupkan sekaligus menghadirkan sosok buggy, padahal terbiasa bangun jip off-road. Hasilnya seperti apa?

Solo - Ini cerita Murty Wibowo, punggawa bengkel SAS4WD yang berlokasi di Jl. Kluwak, Solo. Ketika Suryo, seorang pelanggannya datang ke workshop membawa lantai VW  1200 1965  dengan sebuah bodi fiber. Prosesnya makan waktu 3 bulan.

Diklaim, enggak ada yang ribet. Dudukan baut bodi dengan lantai pun sudah ada, tinggal pasang. Penyesuaian dilakukan pada bodi fiber Buggy, sebab kurang simetris.

Maka ketika bodi naik, penyesuaian bodi kiri kanan serta fender juga dilakukan. Tujuannya supaya lebih ringkas, serta mencocokkan setingan roda belakang, yang diaplikasi lebih lebar. Caranya dengan memotong sedikit bagian samping bodi kiri dan kanan.

“Peleknya pakai copotan Suzuki Jimny ring 15. Yang depan lebarnya standar, namun komplet dengan perangkat rem cakram bawaan Jimny.

Jadi pakem. Kalau pelek belakang dimodifikasi lebih lebar. Yakni 10 inci karena bannya sengaja pakai ban GT Radial Savero M/T ukuran 33 inci,” urai Murty. Yang keren terlihat malah setingan roll-cage rancangan Murty. Terlihat menyeluruh. Maklum dia biasa bikin jip off-road. Bahannya tubular pipa tebal 1 1/4 tebal 2,5 mm.

Mulai dari sisi kiri kanan (mirip palang jembatan), sampai bagian atas yang melindungi driver dan co driver. Tak hanya itu, bagian belakang atau mesin juga dilindungi oleh tubular. “Rancangan roll-cage memang saya buat komplet. Enggak seperti buggy biasa yang berbentuk gawang sepakbola.

Saya buat menembus fiber dari bawah sampai atas. Intinya berfungsi sesuai kegunaannya. Yah mirip jip offroad deh,” senyum Murty yang berusia kepala 5 itu. • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi VW 1200 1965 Buggy

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA