Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uji Kampas Rem MK Kashiyama Lebih Irit 4 Meter!

Parwata - Sabtu, 23 April 2016 | 09:09 WIB

Jakarta - Kampas rem MK Kashiyama sudah tenar dengan dus warna biru atau kuning.Namun saat mengunjungi pabriknya di Gresik beberapa waktu lalu, enggak sengaja ketemu varian dengan dus warna merah. Memang apa bedanya sih?

“Dus merah masih untuk berkendara harian, tapi racikan bahannya lebih spesial,” terang Hening Laksmana, Presiden Direktur PT MK Prima.

Diyakini, formulasi bahannya lebih baik bagi pengemudi. Mulai untuk feeling pengereman, kepakemannya tapi enggak bikin kaget. Selain itu, lebih senyap dan minim bunyi.

Penasaran, langsung saja OTOMOTIF menguji performa komponen ini. Pembandingnya dengan kampas rem MK Kashiyama dus biru.Caranya, menggunakan Toyota Avanza lansiran 2012 bertransmisi otomatis.

Pertama dipasang kampas rem MK Kashiyama dus biru, lalu diukur jarak pengereman dari kecepatan 40 kpj dan 60 kpj, sampai berhenti. Malah begitu terpasang lebih eye catching karena kelir merahnya. Oh iya, sementara hanya tersedia untuk varian Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Taruna, Mitsubishi Maven dan Suzuki APV ya

Alat ukurnya pakai Race Logic. Soal kenyamanan langsung terasa bedanya. Walau tak bisa dibilang lebih empuk, tapi tiap injakan di pedal rem terasa responsif. Sedang saat menggunakan kampas rem dus biru, masih terasa seperti gelosor.

Indikasinya mudah terlihat pada data gravitasi yang diterima. Dari kecepatan 60 kpj sampai berhenti, gaya G yang diterima OTOMOTIF ketika pakai kampas rem dus merah yakni 0,7G.

Sedangkan saat pakai kampas rem dus biru, gaya yang diterima hanya 0,6G. Pun begitu dengan jarak pengereman yang lebih panjang, yakni 23,2 meter berbanding 19,2 meter. Alias lebih pendek 4 meter! Lengkapnya lihat tabel ya… • (otomotifnet.com)

 

Kampas Rem
                                          40 – 0 kpj                                 60 – 0 kpj
                                          Waktu Jarak Gravitasi            Waktu Jarak Gravitasi

MK Kashiyama Biru      1,8 detik 9,7 meter 0,7 G       2,8 detik 23,2 meter 0,6 G
MK Kashiyama Merah  1,6 detik 8,1 meter 0,8 G       2,4 detik 19,2 meter 0,7 G

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa