Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis All New Mitsubishi Pajero Sport, Ini Perincian Biayanya

Otomotifnet,Parwata - Selasa, 12 April 2016 | 18:28 WIB
Foto ilustrasi Mitsubishi All New Pajero Sport
mitsubishi-motors.co.id
Foto ilustrasi Mitsubishi All New Pajero Sport

Dengan mesin dan transmisi baru, banyak pertanyaan timbul seberapa jauh biaya dan kesulitan servisnya dibanding versi lawas

Jakarta - Di samping bentuk wajah baru yang menimbulkan banyak kontroversi, penggunaan komponen baru selalu menimbulkan rasa penasaran soal efeknya ke perawatan rutin.

Begitu kasusnya pada All New Mitsubishi Pajero Sport, terutama varian Dakar yang kini menggunakan mesin baru 4N15 berkapasitas 2.442 cc dengan MIVEC dan VGT, serta transmisi anyar 8-percepatan.

Tapi tenang saja. Pasalnya, meski menggunakan banyak komponen yang lebih canggih, ternyata tidak begitu banyak yang berbeda dari segi perawatan.

Justru, semua varian terbaru ini diuntungkan dari gratis biasa jasa hingga 50 ribu km. “Ya, dari KTB memang biaya jasa servis rutin hingga 50 ribu km atau 30 bulan tidak dibebankan ke konsumen.

Penggantian oli, filter oli dan filter AC pada servis 10 ribu km juga gratis, sedangkan di 1000 km hanya general check up, tidak ada penggantan part,” ujar Wawan Kurniawan, Service Manager Lautan Berlian, Kebon Jeruk.

Untuk oli mesin yang digunakan, tentu menggunakan Mitsubishi Motor Genuine Oil, disarankan standar API Service minimum CD.

“CE atau CF tentu akan lebih baik, viskositasnya bisa pakai 15W-30 atau 10W-40,” tambah Wawan. Untuk mesin 4N15 di varian Dakar, oli mesin yang digunakan sebanyak 7 liter, sedangkan untuk mesin 4D56 pakai 6,4 liter.

Setiap kelipatan 20 ribu km, pergantian filter solar yang per buahnya dibanderol Rp 262 ribu, juga diwajibkan. Mengikuti penggantian oli, filter oli dan filter AC yang perlu diganti setiap servis 10 ribu km. Seperti biasa, servis besar jatuh pada kelipatan 40 ribu km.

Selain oli mesin, filter oli, filter AC dan filter solar, minyak rem pun perlu diganti.

Jangan lupa, oli gardan pada varian Dakar 4x4 dan GLX 4x4 juga harus diganti jika sudah menyentuh angka ini. Lalu bagaimana dengan oli transmisi?

“Untuk transmisi baru 8-percepatan pada varian Dakar, sebenarnya umur olinya lifetime, tapi di sini harus ganti setiap 100 ribu km dengan oli Mitsubishi Motors Genuine Oil ATF-MA1. Jumlahnya 12,8 liter sekaligus flushing,” tambah Wawan.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa