Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Membersihkan Permukaan Luar Blok Silinder, Gak Perlu Pakai Tenaga

Parwata - Selasa, 19 April 2016 | 11:44 WIB

Jakarta -  Seiring berjalannya waktu, blok silinder atau komponen bermaterial babet ada sepeda motor akan terlihat kusam. Rongga di permukaannya dipenuhi kotoran mengerak yang sulit dihilangkan hanya dengan sabun cuci biasa.

Tapi tenang, Fajar Jaya Sukmana punggawa bengkel FJR akan berbagi cara mudah yang bisa dilakukan sendiri. Pria yang akrab disapa Begenk ini menyarankan sebaiknya komponen yang akan dibersihkan dilepas terlebih dahulu. Wah, enaknya saat servis besar nih!

“Membersihkannya menggunakan oxalic acid atau asam oksalat yang banyak terdapat di toko kimia,” serunya. Biasanya dijual dalam beberapa ukuran, yang bungkusan kecil harganya Rp 8 ribuan, kalau yang kiloan kisarannya Rp 20 sampai 40 ribuan.

Setelah dibeli, siapkan kuas, sendok dan mangkok kecil. Tuangkan asam oksalat sebanyai 2 sendok ke dalam mangkok lalu campurkan dengan air secukupnya kemudian aduk hingga melarut. Air larutan ini akan terasa dingin di kulit, tapi hati–hati jika mempunyai luka karena akan terasa perih. Sebaiknya pakai sarung tangan saat mengerjakannya.

Selanjutnya oleskan cairan ini ke seluruh bagian yang dirasa kotor. “Kalau bisa oleskan secara menyeluruh agar tidak belang. Oiya, mengoleskannya tidak perlu pakai tenaga kok, sudah langsung rontok,” beber pemilik badan kutilang, kurus tinggi langsing ini.

Jika secara visual sudah bersih, bilas dengan air lalu lap kering. “Bahan ini memang biasa digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan seperti bahan aluminium dan sebagainya. Pakai asam oksalat lebih baik daripada pakai bahan pembersih porselen seperti Vixal, Porstex atau merek sejenih. Karena pembersih porselen meninggalkan kerak putih,” tutupnya. • (otomotifnet.com)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa