Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha YZF-R15, Kemenangan Yang Tertunda

Parwata - Rabu, 20 April 2016 | 10:50 WIB

Sentul  -  Yamaha YZF-R15 besutan Syahrul Amin ini dominan di barisan depan Kejurnas Indospeed Race Series (IRS) kelas sport 150 di seri perdana. Saat race juga finish pertama dengan rekor best time 1 menit 51 detik.

Ternyata ubahan yang dilakukan Widya Krida, mekanik Yamaha Yamalube NHK Bahtera Racing memang spesial untuk sirkuit Sentul. Kuncinya ada di buka tutup klep yang diatur dengan noken as custom.

“Durasinya 265º dengan lift 8,4 mm sama untuk in dan ex. Noken as dibuat berkarakter kuat di putaran atas. Yang pasti pembalap harus menjaga jangan sampai drop di bawah 10.000 rpm, naiknya akan lama lagi,” jelas Gendut sapaan akrabnya. Sedang klep tetap mempertahankan diameter standar tapi diganti dengan buatan Jepang yang berbahan titanium.

“Piston kita pakai ukuran standar 57 mm tipe forging sehingga lebih ringan. Untuk itu kompresi, dipatok pada angka 12,4:1,” ungkap mekanik asal Yogyakarta ini seraya membuka kuncian sistem injeksi oprekannya. Throttle body pakai UMA Racing diameter 32 mm yang kemudian dikombinasikan dengan injektor SRP.

“Injektor ini punya semprotan 160 cc/ min,” papar Gendut sambil menunjukan ECU aRacer yang dipilihnya. Untuk pelumas, Yamalube Racing Oil bermaterial full synthetic ester dipilih. Agar handling lincah, pelek lebar bawaan R15 dilucuti.

“Pakai Racing Boy, lebarnya cuma 1.60x17 di depan dan 1.85x17 di belakang,” jelasnya. Sokbreker depan hanya ganti oli dengan yang lebih kental agar rebound melambat, sedang suspensi belakang pakai peredam kejut Penske asal Amerika.

Meski finish pertama sayangnya kena diskualifikasi gara-gara aplikasi timing gear keluaran UMA Racing. “Padahal saat scrutineering aman, eh ada yang protes jadi kena diskualifikasi,” sedih Gendut. Hemm.. kemenangan yang tertunda nih.

Gas lagi di seri dua! • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Piston : FJN forged 57 mm
Noken as : Custom
Kompresi : 12,4: 1
Throttle body : UMA 32mm
Injector : SRP 160 CC/min
ECU : aRacer
Knalpot : Cream-Pie
Pelek : Racing Boy
Sok belakang : Penske USA
Rasio : Moto1

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa