Bunyi Berisik di CVT Honda Scoopy, Usirnya Gampang!

Kamis, 21 April 2016 | 10:41 WIB

Jakarta - Saat Honda Scoopy dibiarkan langsam, terdengar bunyi krak.. krak.. krak.. yang mengganggu dari dalam Continuously Automatic Transmission (CVT). Tapi saat gas dibuka dan putaran roda berkitir cepat, suaranya langsung hilang! Kondisi ini bikin Andrianus Ferdian pemilik Honda Scoopy injeksi kebingungan.

Tapi tenang, ada pawangnya nih, Anang Jauhari, Service Advisor Honda Wahana Motor Ciputat langsung kasih solusi. “Itu wajar, kalau sudah mencapai 20 ribu km,” buka pria ramah ini.

“Pada 20 ribu km, piece slide dan rubber clutch damper-nya sudah mulai peyang dan longgar. Dua komponen ini seharusnya dicek setiap 8 ribu km, enggak perlu menunggu berisik, harus sudah diganti jika kondisinya tidak layak pakai,” terangnya.

Piece slide posisinya ada di ujung plate ramp, fungsinya untuk meredam getaran dari rumah roller. Jika sudah aus, saat langsam akan ada rongga yang membuatnya bergetar. Sedang saat berjalan, posisinya akan terbebas dari beban karena roller terlontar keluar akibat gaya sentrifugal sehingga suara berisik hilang.

Piece slide bisa dikatakan enggak layak pakai jika mulai longgar saat dipasang pada plate ramp dan bagian dalamnya sudah aus,” beber Anang sambil menyebut harga piece slide cuma Rp 24 ribu berisi satu paket isi tiga karet.

Masalah kedua adalah rubber clutch yang aus. Karet bundar ini punya fungsi redaman yang membuat bukaan kampas kopling jadi lebih halus. Sehingga tidak ada suara berisik. “Kalau sudah tidak bulat harus ganti,” wantinya. Harganya murah kok. Cuma Rp 6 ribuan, berisi tiga karet kopling. Jangan panik ya! • (otomotifnet.com)

Daftar Harga
Rubber Clutch Damper : Rp 6.000/3pcs
Piece Slide : Rp 24.000/3pcs

Honda Wahana Ciputat : 021 74702355

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA