Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VIDEO: Awas, Kejepit Pintu Geser Toyota Sienta!

Bagja - Sabtu, 16 April 2016 | 14:47 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Selain tampangnya yang unik--kalau tidak mau dibilang aneh, Toyota Sienta juga diunggulkan karena pintu gesernya. Khusus tipe V dan G, bahkan sudah bisa buka tutup secara otomatis.

Namun ada tapinya. Anda tetap harus hati-hati lho, terutama sebisa mungkin jauhkan anak anda dari kisaran pintu geser elektrik tersebut. Sebab kalau tidak, bukan tidak mungkin bisa terjepit!

Memang pintu geser Toyota Sienta sudah dipasangi sensor 'anti kejepit'. Namun, sensor tersebut baru bekerja setelah mendapatkan tekanan balik. Atau setidaknya, ada sesuatu atau benda yang menahan antara pintu dan pilar B.

No caption
No credit
No caption
Pintu geser Toyota Sienta, pada tipe V dan Q bisa bekerja secara otomatis

Begini maksudnya. Saat OTOMOTIFNET menjajal langsung pintu geser Toyota Sienta, memang fitur anti kejepit bekerja dengan baik. Namun awalnya sempat kaget juga ketika sengaja menaruh tangan pada jalur pintu geser tersebut.

Halangan tangan OTOMOTIFNET tak lantas membuat pintu berhenti, karena pintu terus bergerak sampai tangan menyentuh pilar B--sama artinya ya kejepit. Lain halnya kalau diberi tekanan yang kuat atau sudah mentok pilar B, pintu bisa langsung berhenti.

Untuk orang dewasa mungkin tak masalah. Lalu bagaimana kalau anak-anak? Selain tenaganya jauh dibawah orang dewasa, juga reflek menahan dorongan pintu tentu tak sebaik orang dewasa. Artinya kemungkinan terjepit atau cidera sangat terbuka.

Coba perhatikan video ini: 

Dalam video tersebut, pintu terus bergerak meski sudah terhalang tangan. Bahkan, kalau mau lebih detail, terlihat otot-otot pada tangan bekerja, yang artinya, berusaha menahan laju pintu.

Untungnya Toyota masih berbaik hati dengan menempel dua stiker peringatan pada masing-masing pintu. Satu pada pintu, satu lagi pada pilar B. Setidaknya, peringatan ini harusnya cukup untuk menarik perhatian untuk dibaca.

No caption
No credit
No caption
stiker peringatan pintu geser pada Toyota Sienta

Ini juga harus menjadi perhatian sebelum membeli MPV pintu geser--tak hanya Toyota Sienta. Sebenarnya, meski terkesan praktis, namun pintu geser tetap menyimpan potensi bahaya yang bisa mencederai penggunanya kalau tidak waspada dan mengetahui cara kerjanya.

Oiya satu lagi, tali baja untuk menggerakkan pintu ketika membuka dan menutup juga terbuka dan bisa dilihat mata. Selain secara tampilan terkesan tidak rapih, juga punya potensi berkarat saat terkena air, khususnya air hujan. Kalau sudah karat, pintu geser pun bisa macet.

kawat baja pintu geser Toyota Sienta terbuka

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa