Panduan Beli Honda Vario 125 eSP Bekas Tahun 2015, Perhatikan Hal Ini

Kamis, 21 April 2016 | 10:53 WIB

Jakarta - Honda Vario 125 pertama hadir pada tahun 2012 silam. Pada tahun 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan refreshment produk sehingga membuat motor bermesin 125 cc ini tampil lebih sporti dan modern. Fitur unggulan seperti bagasi Helm-in, rem Combi Brake System (CBS), teknologi Idling Stop System (ISS) masih tetap ada, ditambah kini sudah pakai head lamp LED.

Meski tergolong masih baru, namun motor ini sudah memasuki usia satu tahun dan sudah mulai dijumpai unit bekasnya. “Jika masih usia satu tahun, cukup perhatikan komponen di jeroan CVT. Jangan lupa cek komponen fast moving lainnya,” jelas Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat.

Suara ngorok dan keluhan mesin tersendat saat berakselerasi sudah terobati di New Honda Vario 125 2015 generasi kedua ini. Mesin yang responsif dan konsumsi BBM hemat juga masih dibawa hingga saat ini. Jika jam terbang sudah tinggi dan pemakaiannya berat, periksa juga kondisi engine mounting. Biasanya sudah mulai bermasalah yang ditandai dengan gejala bunyi seperti logam beradu saat melewati jalan bumpy dan goyangan di bagian belakang motor.

Selebihnya cukup pastikan komponen aki dan kelistrikan dalam keadaan normal, mengingat motor ini sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi dan headl amp LED. Harga jual motor ini di pasaran motkas relatif cukup stabil. Untuk New Honda Vario 125 lansiran tahun 2015 harganya berkisar Rp 14 juta sampai Rp 15 jutaan, tergantung dari kondisi dan kelengkapan motor. • (otomotifnet.com)

New Honda Vario 125 2015

Plus:
Mesin responsif
Hemat BBM
Volume bagasi Besar

Minus:
Jok terasa agak keras
Injakan standar tengah rawan bengkok

Data Spesifikasi New Honda Vario 125 2015
Kapasitas mesin : 125 cc
Konfigurasi mesin : 1 silinder, PGM-FI
Transmisi : A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Agar kondisi motor kembali prima, baiknya langsung lakukan servis. Buat jaringan bengkelnya sendiri, bisa dilakukan hampir di semua bengkel resmi Honda dan beberapa bengkel umum rekanan Honda, agar perangkat injeksinya dapat ditangani dengan baik dan benar.

Buat servis ringan, biaya yang dikenakan hanya Rp 85 ribu. Menu yang didapat yaitu pengecekan dan setel klep jika perlu, ganti oli, cek busi, kelistrikan aki, pemeriksaan rem dan lainnya. Untuk servis besar dan bongkar mesin alias overhaul, biaya yang dikenakan yaitu mulai dari Rp 125-250 ribuan, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat kerusakan mesin.

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA