Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penyebab Kecelakaan Pada Wanita

Kamis, 21 April 2016 | 22:54 WIB

Jakarta - Wanita kerap mengalami kekurangan edukasi bagaimana cara berkendara aman di jalan.

Akibatnya rentan mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas.

Sales and Marketing Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Mira K. Safri mengatakan, penyebab kecelakaan biasanya terjadi lantaran lemahnya kontrol diri.

Hal tersebut disebabkan kurangnya konsentrasi, tidak tertib, terlalu cepat memacu besutan kesayangan, serta kurangnya empati dengan pengguna jalan lainnya.

Menurut Mira, kurang konsentrasi bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya ialah makan dan minum terlalu banyak sebelum berkendara.

“Makan sekadarnya. Mungkin kalau biasa makan nasi, dua sampai tiga sendok sama teh manis cukup. Kenapa? Karena tubuh kita ini sudah memproduksi gula jadi takut ngantuk,” jelasnya di Jakarta, Kamis (21/4).

Selain itu, jangan juga memacu kendaraan terlalu cepat.

“Kecepatan harus disesuaikan dengan kondisi jalan, kalau di tol maksimal 60-80 Km/jam,” tambah wanita berkulit putih tersebut.

Dia juga mengingatkan agar kita menjaga jarak aman untuk mendeteksi blind spot.

Ciptakan jarak aman sekitar 2-3 detik dengan mengukur kendaraan yang berada di depan kita. Titik aman, menurutnya ialah ketika kita bisa melihat ban belakang kendaraan di depan kita menapak.

“Kuncinya adalah jangan menyalip karena menjadi penyebab kita susah mendeteksi blind spot itu,” katanya sembari memaparkan bahwa menyalip berkontribusi menyumbang 78 persen kecelakaan lalu lintas di dunia.

Yang terakhir, Mira juga mengingatkan untuk semua pengendara motor, khususnya wanita agar berempati dengan pengguna jalan.

Dia membeberkan fakta bahwa wanita kerap menjadi sasaran cacian di jalan raya.

“Kalau ada yang ngomelin kita, cukup ‘aminkan’ saja. Jangan mudah terpancing, enggak perlu dibalas. Soalnya dari sisi fisik kita memang sudah lemah. Karena kalau kita emosi, dia emosi, yang rugi adalah kita,” tutupnya. (otomotifnet.com/indri)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa