Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Janji Mitsubishi: Tidak Ada Kecurangan di Indonesia

Bagja - Jumat, 22 April 2016 | 12:16 WIB

Jakarta - Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara tegas mengungkapkan kalau pihaknya akan terbuka dan jujur terkait masalah skandal BBM. Bahkan, tak hanya kasus itu, tapi pada semua masalah.

Pernyataan tersebut pun sebenarnya sudah lama ditunjukkan dengan selalu memberikan data spesifikasi kendaraan secara terbuka, baik pada website maupun brosur. seperti kita tau, tidak semua pabrikan melakukan hal itu.

"Kalau kami (KTB) berbuat salah, kami pasti akan bertanggung jawab. Kalau ada produk kami berdasarkan investigasi MMC terlibat, kami akan mengkompensasi. Saat ini, kami tegaskan tidak ada satu pun produk yang related dengan kasus itu," ujar Presiden Direktur KTB, Hisashi Ishimaki.

Baca juga: Skandal BBM Mitsubishi: Peringatan Untuk Semua APM di Indonesia!

Dilanjutkan dirinya, mayarakat tidak perlu khawatir, karena sejauh ini untuk Indonesia tidak terlibat dan kedepanya pun dipastikan tidak akan ada kecurangan. "Kalau kami menyembunyikan sesuatu, tentunya kami tidak akan menggelar jumpa pers ini," lanjutnya.

Kecurangan data tes konsumsi BBM dilakukan Mitsubishi agar mendapat insentif dari pemerintah Jepang. Diduga, tekanan angin ban diatas standar, sehingga berefek pada daya gesek lebih rendah, otomatis berpengaruh pada konsumsi BBM.

Di Jepang, pemerintah memberikan subsidi pajak jika konsumsi BBM kendaraannya bagus. Mitsubishi pun melaporkan kepada pemerintah Jepang konsumsi BBM mobil mereka mencapai 30 km per liter, padahal seharusnya 5-10 persen lebih rendah. 

"Mungkin standarnya sekitar 27-28 km per liter," kata Ishimaki.

Dua mobil Nissan, yakni Dayz dan Dayz Roox yang menjadi awal mula terungkapnya kasus ini. Mobil tersebut diproduksi Mitsubishi bersama dengan eK Space dan eK Wagon. Diproduksi sejak 2013 dan sampai tahun ini sudah ratusan ribu yang dipasarkan.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa