Test Drive BMW 740Li Pure Excellence

Rabu, 27 April 2016 | 13:55 WIB

Banyaknya fitur yang seperti didatangkan dari dimensi lain membuatnya terasa seperti mobil James Bond, tetapi apakah itu penting di kelas ini?

Jakarta - Pabrikan Jerman ini selalu memberi diferensiasi di setiap sedan flagship yang dihasilkannya. Misalnya, E38 yang pertama keluar di tahun 2002 dengan iDrive dan kini menjadi standar pengendali sistem hiburan kabin premium. Tidak berbeda dengan generasi keenamnya. Penggunaan bahan ringan CFRP (Carbon Fiber Reinforced Platform) bisa dibilang pertama di kelasnya. Begitu juga fitur-fitur pintar seperti hand gesture atau mode Dynamic yang bisa mengganti mode berkendara sendiri mengikuti gaya mengemudi. Namun apakah hal-hal tersebut berguna bagi penumpang di belakang yang hanya ingin merasa nyaman dengan wheelbase sangat panjang? Hanya sekadar menjadi gimmick? . (otomotifnet.com)

DIMENSI

Dengan panjang lebih dari 5,2 m, dipastikan kap mesin BMW 740Li long wheelbase ini akan selalu nongol ketika parkir dimana pun. Lebarnya juga melebihi tinggi aktor yang berperan sebagai Thor di The Avengers, Chris Hemsworth. Jadi jangan bertanya betapa sulitnya memarkirkan sedan bongsor ini di tempat yang tidak proper.

Hebatnya, rasa “mobil kebesaran” tidak terlalu kami rasakan ketika mengemudi. Mungkin efek dari desain dan layout kabin yang familiar dengan varian BMW lainnya, termasuk yang berdimensi kecil seperti Seri 3. Yang jelas, ukuran yang sangat besar ini untuk sebuah sedan berpengaruh positif untuk luasnya interior. Wheelbase panjang juga membuat penumpang tidak akan pernah kehabisan leg room, begitu juga head room.

Oh iya, di belakang juga masih dapat disesaki tiga penumpang, meskipun yang di tengah akan sulit merasa nyaman karena kontur jok yang ditinggikan dan ada transmission tunnel. Carbon Core juga membuatnya menjadi sedan full size teringan, dengan berat yang tidak mencapai 1,8 ton atau lebih ringan 15% dibanding generasi sebelumnya F02. Distribusi berat juga hampir sempurna 50:50 untuk better driving dynamic.

FITUR

Jujur saja, mungkin butuh satu halaman penuh jika mau membahas seluruh fitur BMW 740Li Pure Excellence. Baik eksterior maupun interior, sepertinya akan sulit untuk mengajarkan setiap fitur yang tersedia ke sopir. Mulai dari remote yang digunakan, sudah termasuk layar sentuh yang bisa digunakan untuk mengecek status mobil seperti jarak tempuh yang tersisa, apakah sunroof dan jendela terbuka atau tidak, menyalakan headights follow me home hingga mengeset waktu untuk menyalakan AC terlebih dahulu.

Meskipun, fitur parkir otomatis absen dan jangan mengharapakan respon yang sama dengan smartpone yaa. Pewangi ruangan bisa dipilih dari iDrive dengan dua aroma yang berbeda, begitu juga tingkat intensitasnya. Layar cakupan head up display juga jauh lebih besar dibanding pada model lainnya, apalagi sudah full color.

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA