Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Nissan Evalia XV 2014, Paling Ceper?

Parwata - Senin, 9 Mei 2016 | 08:12 WIB

Sempat bergaya rally, tapi sekarang malah diceperin karena lagi tren MPV kandas

Jakarta - Nissan Evalia XV 2014 milik Muhammad Rizky Thamrin ini tadinya tampilannya rally style dengan pelek Compe Rally. Namun belakangan, kebiasaan lamanya kumat lagi. “Gue itu senang mobil ceper, dulu Toyota Rush gue bikin kandas tinggal beberapa jari dari aspal, hahaha,” gelak Ekki, sapaan akrabnya.

Akhirnya Compe Rally pun dijual dan diganti Kelleners 16x7 inci, yang mengharuskan Ekki pakai adaptor dari 4x114 ke 4x100. Bosan lagi, Ekki pun mencari pelek lain. “Dapat BBS RS 098 ukuran 16x7 inci ini, tapi masalahnya PCD-nya punya Mercy, 5x112. Mau enggak mau harus bubut ubah PCD,” tukas pria berkaca mata ini.

Pelek ini kemudian dibalut ban Accelera Delta 195/45R165. Nah, yang jadi pe-er adalah gimana caranya menceperkan suspensi Evalia ini. “Ternyata lumayan ribet. Berapa kali nyoba, baru dapat yang sependek ini,” tutur pemukim di Jaktim ini. Rahasianya, per depan diganti versi custom dan sokbrekernya dibubut supaya tetap bisa main. Untuk suspensi belakang, sokbrekernya diganti pakai punya Suzuki Katana.

“Bantingannya malah kayak standar loh,” tukasnya. Tapi suspensi sependek ini tentu saja membawa masalah lain. “Mentok ke sasis nih,” keluhnya. Mau enggak mau, sasis depan belakang pun dicoak. “Lupa berapa banyak dicoaknya, tapi sekarang jadi enggak mentok,” ucap Ekki senang. Namun kalau dilihat ke kolong, jarak arm depan dan tangki bensin mungkin cuma 1-2 jari dari aspal. Duh!

Ekki juga membuat tampilan belakangnya jadi seperti Nissan NV200 versi Amerika. “Di lampu kanan belakang bagian bawah, yang tadinya lampu mundur. Mikanya gue cat merah dan dijadikan rear fog lamp. Ikut ke lampu kecil juga aktifnya seperti side marker,” tuturnya. Lalu ia juga menambahkan emblem NV200 di sisi kiri pintu bagasi. * (otomotifnet.com)

Data Modifikasi Nissan Evalia XV 2014:

Eksterior: Head lamp distiker biru ala mobil hybrid, side marker depan Jeep Wrangler TJ, belakang side marker replika Stanley, lampu belakang kanan bagian bawah dicat merah untuk jadi fog lamp, emblem NV200 USDM , Interior dan Audio: Retrim MBtech coklat, head unit Pioneer AVH-X1550DVD, Pelek dan Kaki-kaki: Pelek BBS RS098 16x7 inci PCD 5x112, ubah PCD daro 4x114 ke 5x112, ban Accelera Delta 195/45R16, per dan sokbreker depan custom, sokbreker belakang Suzuki Katana, coak sasis

Plus : Sukses menceperkan suspensi Evalia

Minus: Kenyamanan berkurang

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa