Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lindungi kaca Mobil dari Benda-Benda Ini

Bagja - Senin, 2 Mei 2016 | 09:01 WIB

Jakarta - Kadang tanpa disadari kita menemukan kaca mobil rengat, tak jarang sengaja dipecahkan para pencuri. Karenanya, perlindungan sekaligus perawatan tetap perlu dilakukan agar kaca mobil selalu awet.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor pecahnya kaca mobil Anda. Yang pertama adalah benturan dengan benda runcing. Meski kadang ukurannya kecil, tetap bisa melukai kaca mobil.

Pengujian kekuatan kaca bisa dilakukan dengan benturan martil yang memiliki permukaan tumpul dan memberikan tumpuan hingga 70 kg ke kaca tempered dan laminated. 

Apakah kacanya pecah? Kaca mobil tidak pecah. Karena musuh utama dari kaca mobil ialah benda-benda yang memiliki permukaan runcing. 

Meski benturannya tidak keras, namun benda tersebut memiliki permukaan yang runcing, benda itu berpotensi menghancurkan kaca.

Ada beberapa pemilik yang kacanya retak atau bahkan pecah karena terkena lemparan kerikil saat berkendara dibelakang truk. Oleh sebab itu hindari berkendara dibelakang truk besar yang dapat mementalkan batu kerikil ke kaca Anda. 

Yang kedua faktor seperti membersihkan kaca juga dapat menyebabkan pecahnya kaca mobil anda. Jika anda sering membersihkan kaca menggunakan cairan dan polish untuk membersihkan dari jamur. 

Kaca memang jadi lebih bersih namun juga secara tidak langsung Anda telah melakukan ‘pengikisan’pada kaca. Hal ini dapat mengurangi ketebalan kaca dan kekuatannya akan berkurang. 

Untuk pemilik mobil dengan kaca laminated, mungkin kerusakannya tidak akan parah sampai pecah, hanya saja pengikisan tersebut penyebabkan distorsi hingga mengganggu visi bilitas pengendara karena goresan–goresan pada kaca. 

Untuk pengguna mobil dengan kaca tempered, pengikisan yang dilakukan berlebihan hingga terjadi kerusakan 1/6, kaca akan mengalami retak dan pecah. 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa