Yamaha NMAX Raih Bike of The Year 2016, Ini Rahasianya!

Senin, 2 Mei 2016 | 10:25 WIB

Jakarta - Yamaha NMAX sukses meraih gelar tertinggi di MOTOR Plus Award 2016 sebagai Bike of The Year 2016. Kesuksesan ini melengkapi 10 penghargaan lain yang sukses diraih PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pasti penasaran bagaimana Yamaha NMAX mampu menjadi yang terbaik di antara 52 sepeda motor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, yang tentunya telah dites bersamaan dalam MOTOR Plus Award 2016? Baca terus! 

Tidak asal comot, namun pemilihan motor-motor terbaik di MOTOR Plus Award 2016 melewati beragam pengujian. Meliputi pengukuran power mengunakan dynotest, tes efisiensi bahan bakar dan tes berkendara terhadap semua nominasi di MOTOR Plus Award 2016. Pengukuran ini dilakukan selama beberapa bulan, bukan cuma di atas dynamometer atau di jalanan, tim redaksi Tabloid MOTOR Plus juga melakukan pengetesan di Sirkuit Sentul Bogor untuk memperoleh data yang lebih maksimal.   
“Sedang parameter penilaiannya meliputi performa, teknologi, fitur, efisiensi bahan bakar, data penjualan motor dan puncaknya menghasilkan Bike of The Year,” jelas Achmad Riswan, Pemimpin Redaksi Tabloid MOTOR Plus.

Masing-masing tipe sepeda motor akan dinilai berdasarkan kategori di kelasnya masing-masing. Ada kelas Bebek 100 cc – 115 cc, Bebek 125 cc, Bebek Sport 150 cc, Skubek 110 -115 cc, Skubek 125 cc, Skubek 150 cc, Sport 125 cc – 160 cc, Sport 200 cc – 250 cc, Sport Moge 600 cc – 1.400 cc, Best Selling Product dan Best of The Best di masing-masing kategori. Sedang untuk kategori penilaiannya ada Best Technology & Fitur, Best Fuel Consumption dan Best Performance.

“Penentuan Bike of The Year dengan beberapa poin. Yang pertama, berdasarkan jumlah tropi MOTOR Plus Award 2016 dari beberapa kategori yang sudah ditetapkan. Seandainya ada lebih dari satu motor yang meraih jumlah tropi yang sama maka akan diadu lagi dari sisi teknik dan penjualan. Cara ini kami anggap fair dan objektif,” bilang Andika Artawijaya, Ketua Juri Teknik MOTOR Plus Award 2016.

Tropi MOTOR Plus Award yang diraih Yamaha NMAX ABS adalah Best of The Best Skubek, Best Performance, Best Feature & Technology, dan Best Fuel Consumption. Empat piala disabet Yamaha NMAX ABS jadi poin paling penting sehingga Yamaha NMAX ABS dinobatkan Bike of The Year MOTOR Plus Award 2016.

”Terima kasih kepada konsumen setia yang menggunakan motor Yamaha dan Tabloid MOTOR Plus untuk 11 penghargaan MOTOR Plus Award 2016 ini termasuk di dalamnya Yamaha NMAX yang terpilih sebagai Bike of The Year. Ini menjadi persembahan terbaik dari Yamaha untuk konsumen Indonesia,” bangga Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Saat ini Yamaha NMAX menjadi best seller di kelasnya dan menyumbang devisa terbaik karena menjadi motor unggulan ekspor Yamaha ke seluruh dunia. Dengan hasil ini, kami senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan fitur dan kualitas produk kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menjadi trensetter yang terus berkembang cepat saat ini,” sambung pria ramah yang akrab disapa Masykur ini.

Mengukuhkan diri sebagai model skutik 150 cc yang unggul di semua parameter, Yamaha NMAX didukung beragam keunggulan pada mesin hingga sasisnya. Global model ini dilengkapi dengan teknologi Blue Core. Rangkaian teknologi anyar ini menjadi berbeda dengan skutik Blue Core yang lain karena kapasitas mesinnya paling besar, yaitu 150cc.

Ayo kita ungkap, apa saja teknologi yang dijejalkan. "Totalnya ada tiga unsur. Yaitu pembakaran optimal, pendinginan maksimal dan minim gesekan," ungkap Takehiko Gotanda, Chief Engine Project NMAX 150 dari Yamaha Motor Corporation (YMC).

Mesin yang memiliki kapasitas mesin 155cc dengan liquid-cooled ini memiliki beberapa jurus yang membuatnya optimal dalam pembakaran. Pertama adalah volume air cleaner besar. Boks filternya berukuran besar mampu memberikan suplai udara yang baik ke ruang bakar. Udara yang masuk di campur dengan bahan bakar yang suplainya diatur ulang dengan pemetaan sistem injeksi yang baru. 

Editor : Editor
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA