Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warren Buffett: Mobil Tanpa Supir Bakal Bubarkan Perusahaan Asuransi Mobil

Bagja - Selasa, 3 Mei 2016 | 12:55 WIB

Jakarta - Salah satu miliader Warren Buffett ternyata turut mengikuti isu perkembangan mobil tanpa supir. Dirinya bahkan memprediksi kalau kehadiran mobil tanpa supir akan membubarkan perusahaan asuransi mobil.

Miliarder terkemuka ini percaya kedatangan mobil self-driving akhirnya akan berarti akhir dari asuransi mobil, setidaknya dalam bentuk yang sekarang.

"Tidak ada pertanyaan," kata Buffett, CEO Berkshire Hathaway. "Apa pun yang membuat mobil lebih aman sangat pro-sosial, dan itu buruk bagi industri asuransi mobil. Namun demikian, industri otomotif selalu bekerja untuk membuat mobil yang lebih aman. Tapi jika ada ada kecelakaan, tidak ada kebutuhan untuk asuransi," katanya.

Langkah pertama transisi sudah berlangsung. Awal tahun ini, Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya memainkan peran kunci dalam menengahi kesepakatan sukarela antara 20 produsen mobil terkemuka di Amerika Serikat untuk membuat fitur darurat rem otomatis pada semua mobil di tahun 2020.

Namun masih banyak pihak yang menilai, meskipun pada akhirnya mobil sudah 100 persen berjalan sendiri, kecelakaan tetap akan terjadi. Namun ada pertanyaan kunci lebih lanjut, siapa yang bertanggung jawab ketika kecelakaan terjadi?

Eksekutif dari Volvo dan Mercedes-Benz mengatakan tahun lalu bahwa mereka menerima tanggung jawab untuk kecelakaan yang disebabkan oleh teknologi mereka, tapi sejauh ini, produsen mobil lainnya belum mengikuti. 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa