Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi Energi GESITS Lebih Hemat 50%, Begini Perhitungan Sederhananya

Dimas Pradopo - Sabtu, 14 Mei 2016 | 14:47 WIB

Surabaya - Dibanding skutik bermesin bakar konvensional, motor listrik GESITS hasil kolaborasi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diklaim lebih hemat hingga 50 %. Meski belum dibuktikan lewat pengetesan, di atas kertas GESITS berpotensi menawarkan biaya operasional yang lebih rendah ketimbang skutik konvensional bermesin bakar. 

“Konsumsi energinya bisa lebih hemat hingga 50 % bila dibandingkan dengan skutik bermesin bakar,” buka DR. M. Nur. Yuniarto, ketua tim riset GESITS.“1 kWh pada baterainya bisa menempuh jarak 20 km, jika biaya listrik per kWH adalah Rp 1.500 tentunya lebih murah dari biaya bensin,” jelasnya. 

Sebagai pembanding, skutik peminum bensin bisa menempuh 40 km dengan satu liter bensin. Jika harga bensin Rp 7.000, maka menempuh 20 km butuh biaya Rp 3.500. Rp 1.500 versus Rp 3.500 biaya yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 20 km.

Selain hemat, tentunya juga bebas emisi gas buang. “GESITS jadi solusi untuk mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan konvesional. Juga melihat masih ketergantungannya Indonesia dengan impor BBM apalagi melihat populasi kendaraan roda dua yang sangat besar di Indonesia,” ungkap CEO Garansindo Group, M. Al Abdullah.

GESITS dibekali dengan motor listrik berspesifikasi 5kW dan menggunakan baterai lithium ion yang disimpan di bawah jok. Dalam kondisi baterai terisi penuh, bisa menempuh jarah 80 sampai 100 km. Sedang pengisian baterai butuh waktu 1½ sampai 3 jam saja. 

Performanya, GESITS bisa diajak ngebut hingga 100 km/jam atau setara dengan skutik bermesin bakar dengan kapasitas 125 cc. Sistem penggeraknya menggunakan belt dengan single ratio yang punya perbandingan final gear 1:3,57. Jadi benar-benar automatic nih, tinggal gas saja sudah ngacir. (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa