Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah MID All New Hyundai Tucson, Banyak Fitur Tersembunyi?

Fransiscus Rosano - Sabtu, 14 Mei 2016 | 06:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, All New Hyundai Tucson seakan tidak banyak memberikan fitur yang kasat mata ketika membuka pintunya.

Namun jangan salah. Otomotifnet.com telah menghabiskan waktu bersama SUV with gorgeus look ini. Selain feeling berkendara yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya, ternyata ada cukup banyak fitur yang bersembunyi.

Paling mudah adalah ketika membeda MID atau Multi Information Display yang terletak di instrument cluster, di antara spidometer dan takometer.

Apa saja?

No caption
No credit
No caption
Sekarang bisa tahu pintu mana yang terbuka

Hal seperti pintu mana yang sedang terbuka memang terdengar sudah biasa, namun hal tersebut belum dimiliki Tucson generasi kedua, sedangkan kini sudah hadir. Mulai dari keempat pintu plus bagasi di belakang, semuanya bisa terdeteksi secara individual ketika sedang terbuka.

No caption
No credit
No caption
Sekali sentuh tuas lampu sen, bisa pilih mau berkedip 3 kali, 5 kali atau 7 kali

Kemudian ada fitur untuk mengkonfigurasi aksi yang terjadi ketika menekan tuas lampu sen. Bila by default yang terjadi adalah lampu sen berkedip tiga kali (One Touch Triple Turn Signal), melakukan pengaturan di MID (Settings > Lights > One Touch Triple Turn Signal) dapat mengubah kedipan lampu sen menjadi 5 atau 7 kali.

Lalu yang cukup unik, ada fitur yang disebut Steering Position. Dengan mengaktifkannya (SettingsOther Features > Steering Position), maka pengemudi akan mendapatkan notifikasi di MID bertuliskan “Align Steering Wheel” setiap kali mobil dinyalakan dalam keadaan ban tidak lurus. Cukup membantu untuk tidak ngeloyor ke arah yang salah ketika menjalankan mobil.

No caption
No credit
No caption
Kalau ban belum lurus saat mesin menyala, akan langsung mendapat notifikasi ini

Terakhir dan paling canggih adalah Auto Rear Wiper. Nama dari fitur ini paling membuat kami bingung awalnya. Ternyata, fitur ini akan otomatis menyalakan wiper belakang ketika pengemudi memasukkan tuas tranmisisi ke R saat setting wiper depan dalam kondisi menyala. Jadi tidak usah mengusap kaca belakang secara manual lagi kan kalau mau mundur?

Wiper belakang akan otomatis aktif ketika akan mundur

Namun tidak semua yang disediakan di MID berfungsi sempurna.

Entah kenapa, fitur Head Lamp Delay tidak menunda matinya lampu depan ketika mesin dimatikan seperti pada Santa Fe. Menurut kami, penggunaan kunci yang berbeda dengan standarnya menjadi penyebab fitur ini tidak dapat digunakan.

Penasaran ada apa lagi di All New Hyundai Tucson? Tunggu artikel otomotifnet.com selanjutnya ya.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa