Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Colt T 120SS 2015, Naik Kasta Demi Prestasi!

Parwata - Senin, 30 Mei 2016 | 07:50 WIB

Tadinya pikap ini salah satu armada toko material, karena ulah Dewi, kini jadi andalan di ajang slalom

Bantul - Sejatinya, Mitsubishi Colt T 120SS lansiran 2015 ini salah satu armada Toko Besi (TB) Wibowo, yang berada di Jl. Soragan, Kasihan, Bantul. Namun karena ulah Ari Santi Kusuma Dewi, pikap yang biasa usung material toko besi ini malah naik kasta berlaga di ajang slalom.Memulai karir slalom sejak 2009 silam, lalu sempat vakum. Barulah di tahun 2014 dia gas pol lagi.

Bergabung di tim HTJRT (Haji Tjandra Racing Team) asal Yogyakarta. Padahal, dulunya Dewi selalu berlaga dengan Honda Jazz yang penggerak Dewi, slalom pakai pikap lebih asyik roda depan. Kenapa pilih pikap? “Satu sisi, di tahun 2016 ini gerak roda belakang kan masuk kejuaraan umum B, ini buat saya jadi penyemangat.  Lalu slalom pakai pikap lebih asyik. Ketika ngegas dan sliding, tinggal bermanuver jalanin setir doang. Yang begitu sulit didapat kalau pakai sedan gerak depan,” ujar Dewi sambil senyum.

Beberapa modifikasi tentu harus dilakukan supaya pikap ini lincah. “Mesinnya diakui standar, poin pentingnya setingan kaki-kaki dan perangkat kemudi,” jelas Adi Petong, sapaan suami Dewi yang ikut nimbrung. “Suspensi belakang ditopang sokbreker Kayaba double action milik Isuzu Panther. Per daunnya standar, cukup dirol ulang biar rigid, yang depan custom.

As sokbrekernya dipendekin dan ulir spiral dipres,” papar Petong. Lalu supaya lincah mengitari kun, gardan belakang dilas supaya kedua roda dapat berputar bareng. Makin mantap bermanuver, power steering Toyota Avanza Veloz dibenamkan, lengkap dengan ECUnya karena sudah EPS. Kelebihannya karena enggak menggunakan oli, jadi tidak membebani putaran mesin. “Tapi ribetnya juga ada. Ada banyak kabel sensor yang diseting supaya terkontrol masuk ke rpm.

Setingnya butuh waktu,” ungkap Petong sembari menyebut komponen hand rem mencomot truk Mitsubishi PS100 hidrolis. Hemm, kalau gitu tinggal nunggu prestasi lebih lanjut dari Dewi di kejurnas slalom 2016 ini ya. • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi Mitsubishi Colt T 120SS 2015
Ban Depan/Belakang Achilles 123 ukuran 195/50R15
Pelek Bridgestone Spoke 2 Japan R15
Gardan locker las
Power Steering EPS Toyota Avanza Veloz
Setir Racing variasi
Jok Recaro
Sokbreker belakang Kayaba Double Action
Hand rem Mitsubishi PS100
Bengkel In JST Jonggrang Bantul, 0813-29319238

Plus:
- Manuvernya enak karena power steering sudah elektris
Minus:
- Interior masih kurang rapi

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa