Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sadis, BMW Ultra-Mewah Ini Bermesin Diesel Dengan Empat Turbo!

Fransiscus Rosano - Jumat, 20 Mei 2016 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Eropa - Kalau mendengar BMW X5M50d dulu menggunakan mesin diesel dengan tiga turbocharger yang sanggup menghasilkan torsi 740 Nm saja sudah membuat anda merinding, yang satu ini akan membuat bulu kuduk anda rontok.

Sebelumnya diperkenalkan di 2016 Vienna Motor Symposium, kini mesin diesel teranyar BMW dengan empat turbocharger dipasangkan ke Seri 7. Ya, anda tidak salah baca, mesin sadis ini dipasangkan ke varian termewah BMW!

Menggantikan mesin diesel 3.0 L 6-silinder segaris tri-turbo, mesin quad-turbo ini dipasangkan ke 750d dan 750Ld, yang artinya jadi varian tersangar di bawah M760Li yang menggunakan mesin bensin 12-silinder.

Soal spesifikasi mesin, tidak usah diragukan lagi kesadisannya. Tenaga maksimumnya mencapai 395 dk dan torsinya mencapai 760 Nm. Lebih menyeramkan lagi, torsinya sudah mencapai angka 450 Nm bahkan ketika putaran mesin baru di 1.000 rpm, maksimal di range putaran mesin 2.000 - 3.000 rpm.

Mesin 3.000 cc diesel ini disusun dengan multi-stage turbocharging, dengan total 4 keong dan sistem common-rail direct injection. Tidak mengejutkan, mesin ini jadi mesin diesel 6 silinder terkuat di dunia.

Mesin diesel 6-silinder 3.0 L terkuat di dunia, memiliki empat turbo dengan multi-stage turbocharging

Sistem kerjanya, dua turbo bertekanan rendah dan salah satu dari turbo bertekanan tinggi aktif secara permanen. Saat berakselerasi kencang dari idle, kedua turbo bertekanan rendah akan di-bypass via flap control system sehingga tekanan boost akan naik lebih cepat. Kemudian turbo bertekanan tinggi kedua akan mulai beraksi ketika putaran menyentuh 2.500 rpm.

Disambungkan ke penggerak empat roda dan transmisi ZF 8-percepaan dari BMW Seri 7, 750d akan berakselerasi dari 0 hingga ke 100 km/jam dalam 4,6 detik saja, sedangkan versi long wheelbase-nya hanya ketambahan 0,1 detik.

Bukan diesel namanya kalau tidak berbicara soal efisiensi. Mesin ini diklaim 11 persen lebih hemat bahan bakar dan sanggup menghasilkan angka konsumsi 16,95 km/liter hingga 17,54 km/liter.

Sudah hampir pasti tidak akan dibawa ke Tanah Air karena kualitas solar yang belum memadai, BMW 750d xDrive dan 750Ld xDrive akan mulai dijual di Eropa dari Juli 2016.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa