Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Celerio Masuk Dalam Lima Mobil India yang Tidak Aman!

Bagja - Rabu, 18 Mei 2016 | 08:28 WIB
No caption
No credit
No caption

New Delhi - Global NCAP kembali merilis hasil tes kecelakaan terbaru dari lima mobil yang dipasarkan di India. Hasilnya sebenarnya sangat mengejutkan, karena tak satupun dari lima mobil tersebut dapat bintang rating keselamatan!

Kelima mobil tersebut antara lain, Renault kwid , Maruti Suzuki Celerio, Maruti Suzuki Eeco, Mahindra Scorpio dan Hyundai Eon. Dari kelima mobil tersebut, hanya Suzuki Celerio yang sudah dipasarkan di Indonesia, impor dari India.

"Hasil uji tabrak tersebut menunjukkan betapa pentingnya sebuah mobil memiliki konstruksi yang tetap bisa stabil saat kecelakaan. Ini merupakan syarat mutlak untuk keselamatan penumpang," kata David Ward, sekretaris jenderal Global NCAP, seperti dilansir IndianAutosBlog.

Renault Kwid

Namun dia mengkritik Renault Kwid, "Sangat mengejutkan bahwa produsen seperti Renault memperkenalkan Kwid tanpa fitur airbag. Global NCAP sangat percaya bahwa tidak ada produsen manapun di dunia tidak mendukung penggunaan airbag," tambahnya.

Wajar kalau Ward merasa terkejut. Soalnya, Renault Kwid sudah diuji tabrak sampai beberapa kali. Pertama sebelum menggunakan airbag, kemudian setelah dipasangkan airbag, hasilnya tetap sama. 

Renault Kwid tak mendapat bintang rating keselamatan untuk perlindungan penumpang dewasa (AOP) dan dapat dua bintang untuk perlindungan anak (COP). Hancurnya struktur di kompartemen penumpang dan kurangnya airbag membuat hasilnya jadi buruk.

Kemudian yang terbaru pada produksi April 2016 diuji lagi. Tanpa airbag mencetak nol bintang di AOP dan dua bintang di COP. Tapi struktur tidak hancur seperti sebelumnya, namun tetap dinilai tidak stabil dan tidak bisa menahan beban lebih lanjut. Penguji menemukan penguatan struktur, tapi hanya pada sektor pengemudi.

Kedepannya, pemerintah India menekankan para produsen tersebut untuk memperbaiki kualitas keselamatan pada mobil yang diproduksi di India dan mengancam semua mobil yang tidak mendapat bintang rating keselamatan untuk tidak lagi diproduksi, apalagi dipasarkan di India.

Video uji tabrak Renault Kwid:

Sumber video: Global NCAP

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa