Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Ringan Mobil, Saat Kepanasan Jangan Asal Buka Kap Mesin!

Parwata - Kamis, 2 Juni 2016 | 08:39 WIB
No caption
No credit
No caption

Panduan Ringan Mobil Jangan Asal Buka!

Jakarta - Kalau sampai mobil Anda overheat di tengah jalan, apa sih yang harus dilakukan? Nah, berikut ini ada sedikit tips dari Wandi tentang apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan, “Kalau salah perlakuan malah mesin bisa jebol,” ujar Wandi. Yang pasti begitu mesin overheat anda bisa lihat dari jarum temperatur di spidometer yang merangkak naik dari temperatur normal, gejala lainnya mesin terkadang malah jadi knocking alias ngelitik karena panas berlebih.

Kalau ini terjadi sebaiknya Anda langsung cari tempat aman untuk menepi. Begitu berhenti langsung bukan kap mesin, biasanya terdengar ada bunyi seperti air sedang direbus dari radiator atau dari tabung cadangan.  “Ingat, jangan langsung dibuka tutup radiatornya, sebaiknya cari air dan siramkan ke badan radiatornya supaya membantu mendinginkan radiator,” ujar Wandi. Lalu coba tekan selang radiator bagian atas, “Kalau sudah kempis baru boleh buka tutup radiator, kalau masih terdengar ada gelembung udara jangan dulu,” bilang pria ramah ini.

Setelah aman buka tutup radiator, “Kalau air kurang atau habis jangan langsung diisi, tunggu sekitar 20 menit sampai mesin suhunya turun lagi baru isi air radiator...ngisinya juga harus dalam kondisi mesin hidup ya!” serunya. Begitu sudah diisi coba hidupkan mesin. “Biasanya temperatur sudah normal lagi, bawa jalan saja pelan-pelan dan cepat bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa,” tukas Wandi. • (otomotifnet.com)/ Kyn

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa