Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wah, Ada Sirkuit Balap Motor Baru di Indonesia

DAB - Minggu, 22 Mei 2016 | 02:17 WIB
No caption
No credit
No caption

PALU - Satu lagi sirkuit baru dibangun di Indonesia, ia adalah sirkuit Panggona di kota Palu, Sulawesi Tengah. Sirkuit dengan panjang 1.240 m ini baru saja selesai dibangun dua minggu sebelum Motoprix Palu digelar. 

"Sirkuit ini (Panggona) baru mulai dibangun pada bulan Maret. Namun, perencanaanya sudah ada sejak tahun 2012," ujar Andi Nur B. Lamakarate selaku Direktur Pelaksana Sirkuit Panggona yang juga desainer sirkuit ini. 

Meski nampak sudah rapi, namun masih banyak hal yang harus dibenahi. Salah satunya adalah penghalusan aspal yang rencananya akan kembali dilapisi dengan lapisan yang lebih halus selepas Motoprix Palu digelar. 

"Ini masih pakai aspal biasa, belum ada dikasih lapisan kedua yang lebih halus. Tapi katanya ini sudah cocok untuk digunakan balapan dan layak, ya sudah bisa langsung untuk Motoprix Palu," Andi Nur menambahkan

Sosok Andi Nur B. Lamakarate di balik dibangunnya sirkuit Panggona, Palu, Sulawesi Tengah

Masalah aspal baru pun cukup dikeluhkan beberapa pembalap, contohnya Anggi Setiyawan dari Yamaha Yamalube BAF Akai Jaya Sidrap MBKW2KYT SND FDR.

Ia menyayangkan aspal baru masih mengeluarkan minyak yang membuat aspal menjadi licin dan ban menjadi kehilangan daya cengkeram. 

Selain itu, balapan pun harus dimulai dari sore hari karena penerangan tidak memungkinkan untuk menggelar semua balapan di malam hari. 

"Masih licin karena minyaknya pada keluar saat kena panas, jadinya licin dan kehilangan daya cengkeram."

"Tapi ini awal yang bagus sih, jadinya Palu punya sirkuit permanen sendiri, semoga saja ke depannya makin keren," ujar Anggi Setiyawan. 

Tak hanya digunakan untuk balap motor, sirkuit ini juga bisa digunakan untuk balap gokart. Sirkuit ini pun dinilai sebagai sirkuit serbaguna. Jika sedang tidak dipakai balapan, maka bisa digunakan untuk konser dan pameran. 

"Rencananya ini untuk jogging  pun bisa, gokart bisa, bahkan dengan lahan luas di tengah arena (sirkuit) bisa digunakan untuk acara musik. Pameran pun juga bisa dengan booth-booth dibuka di pinggir trek dan pengunjung berjalan di atas treknya," pungkas Andi Nur. 

SPESIFIKASI SIRKUIT PANGGONA

Panjang: 1.240 meter
Jumlah Tikungan: 12
Straight: 201 meter
Desainer: Andi Nur B. Lamakarate
Diresmikan: 21 Mei 2016
 

Editor : DAB

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa