Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dituding Pusat Pemalsu, Ini Jawaban Perajin Knalpot Purbalingga

Arief Aszhari - Rabu, 25 Mei 2016 | 20:38 WIB

Purbalingga- Selain terkenal sebagai penghasil knalpot aftermarket mutu dunia, Purbalingga juga sering dituding sebagai sentra pemalsu knalpot merek luar negeri.

Stigma ini tentu saja memperburuk citra knalpot Purbalingga yang sejatinya memang memiliki kualitas baik, dan dibuktikan dengan pemesanan yang kini sudah merambah pasar luar negeri.

Lalu, apa jawaban para perajin knalpot Purbalingga?

Dijelaskan Uki Basar, pemilik knalpot dengan merek Q Power, pihaknya memproduksi knalpot dengan merek yang sudah terkenal memang bukan kehendaknya. Artinya, pasar yang memang menghendaki knalpot racing merek tersebut.

"Untuk merek tersebut, pasar memang yang menginginkan hal tersebut. Jika tidak, knalpotnya tidak laku," buka Uki Basar saat dikunjungi tim Kontribusi Untuk Negeri di Purbalingga beberapa waktu lalu.

Pria ramah ini melanjutkan, untuk knalpot buatannya sendiri bahkan sudah menggunakan merek sendiri, yaitu Q Power.

Ketika disinggung terkait pemalsuan knalpot, pihaknya sering mengirim knalpot buatannya secara polos. Merek baru ditempel oleh pihak pemesan. "Kita mengirim knalpotnya tanpa merek, kemudian baru dilabeli oleh pemesan," tambahnya.

Sementara itu, salah satu perajin knalpot mobil bermerek Brex Van Volker, Agus Adi Atmaja menjelaskan, knalpot buatannya banyak dipesan oleh para komunitas mobil secara custom dan menggunakan merek komunitas atau nama pribadi pemesan.

Selain itu, Agus juga menerima orderan knalpot sport muffler stereo alias bersuara ganda ala sportcar Eropa.

"Knalpot jenis ini cukup sulit karena harus dilengkapi dengan valve control elektronis," papar Agus.

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa