Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Volvo Trucks Nobatkan Pengemudi Truk Paling Irit Indonesia

Indri - Selasa, 31 Mei 2016 | 22:49 WIB

Volvo Trucks menobatkan dua pengemudi truk paling irit dari Indonesia melalui ajang kompetisi tahunan Fuelwatch Challenge 2016.

Keduanya ialah Rahayu Sualdi, pemenang kategori Off-road dari PT Pectech dan Erwinsyah, pemenang kategori On-road dari PT Sigma.

Direktur Volvo Trucks Indonesia Valery Muyard menuturkan, Fuelwatch Challenge merupakan kompetisi untuk mencari supir truk terbaik.

Kompetisi ini menilai kemampuan pengemudi berkendara hemat bahan bakar serta handling kendaraan umum.

“Peserta kejuaraan yang lalu dari kompetisi Fuelwatch menjadi duta dari misi kami, berbagi pengetahuan teknis dan prinsip mengemudi hemat bahan bakar pun dibagi dengan rekan-rekan mereka. Di samping itu juga berperan sebagai motivator untuk meningkatnya jumlah pengemudi truk,” jelas Valery (31/5).

Menurutnya, peranan pengemudi dalam mencapai efisiensi bahan bakar sangat penting demi penghematan biaya bagi perusahaan dan industri serta dampak positif untuk lingkungan.

Erwinsyah yang mengendarai Volvo FH16 saat menjajal lahan On-road pun mengaku kesulitan menjaga Rotation Per Minute (RPM) agar tetap stabil di area zona hijau. “Treknya lumayan susah karena banyak gundukan yang bikin RPM down,” ujarnya.

Zona hijau tersebut merupakan indikator yang menunjukkan seberapa hemat efisiensi bahan bakar yang kita gunakan saat mengendarai Volvo.

Sementara Sualdi punya tips dalam menjaga RPM agar tetap berada di zona hijau, yakni dengan mengurangi pengereman kaki.

Nantinya, Sualdi dan Erwinsyah juga bakal mewakili Indonesia untuk bersaing dengan pengemudi truk dari negara lain dalam ajang final global Fuelwatch Challenge 2016 di Swedia pada September mendatang.

Editor : Indri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa