Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Scorpio Z Scrambler, Menyenangkan Diri Sendiri

Selasa, 7 Juni 2016 | 12:33 WIB
Yamaha Scorpio Z Idho Idris Gator
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio Z Idho Idris Gator

Dari dulu bikin motor customer doang, sekali-sekali nyenengin diri sendiri boleh dong..

Jakarta - Boleh juga nih Modifikasi Yamaha Scorpio scrambler! “Bikin untuk siapa bro,” tanya OTOMOTIF pada Idho Idris pemilik rumah modifikasi Galeri Motor (Gator) di Jl. Ir Djuanda Ciputat Raya, Tangsel. “Weis, ini punya gue,” bukanya.

“Dari dulu bikin motor untuk customer doang, sekali-sekali menyenangkan diri sendiri boleh dong.. tutur Bule, panggilan akrabnya. Ia mengaku selain asyik dipakai harian, gaya scrambler ini dijadikan proyek percontohan.

“Karena di motor dengan basik Yamaha Scorpio Z 2009 ini benar-benar menampilkan beberapa piranti handmade yang berani diadu hasil akhirnya,” promo pria kece yang doyan pakai t-shirt. Okelah, kita langsung cekidot apa aja ubahan yang dilakukannya.

Proses awal, semua cover bodi dibuang. “Sub frame Scorpio terlalu nungging, kita potong dari tengah sampai buntut dan dibuat ulang pakai pipa besi. Lebih datar dari sebelumnya,” jelas Bule.
 

Karena mau pasang kaki-kaki gambot ala Yamaha TW200 dengan lewar ban sampai 180/80-14, swing arm standar enggak mungkin dipertahankan. Selain panjang dan lebarnya disesuaikan dengan ban baru, dikawinkan juga dengan peredam kejut tunggal yang lebih besar.

Buntut didesain layaknya Triumph Scrambler, ada dudukan plat nomor yang juga jadi braket untuk stop lamp serta sein. “Biar nyaru gitu sob kalau dilihat dari belakang,” kekehnya.

Tangki dan sepatbor depan dibuat dari plat besi. Footstep juga bikin sendiri, “Dudukan yang lama dibuang, kemudian diganti model baut single, biar terlihat lebih simpel namun berfungsi maksimal,” bangga Bule. Footstep buat pembonceng tak kalah unik, dibuat ulang dari pipa berbentuk ‘U’. Cakep kan?

Finishing, rangka, pelek, sepatbor dan tangki dibalur cat warna hitam. Agar lebih manis, Bule yang doyan morning ride bersama rekan-rekannya komunitas motor custom dan modern Vespa ini menambah grafis dan strip berwarna putih di tangki.

Jadi garang! (otomotifnet.com / Sigit)

Data Modifikasi
Gas spontan : KTC
Master rem : Brembo
Hand lever : KTC
Setang Fatbar : Protaper
Raiser : aftermarket
Switch lampu : KTC
Disc brake : Aftermarket
Pelek depan : Aftermarket ring 18 inci
Pelek belakang : Aftermarket ring 14 inci
Teromol belakang : Yamaha TW200
Ban depan : Bridgestone 120/90-18 inci
Ban belakang : Bridgestone 180/80-14 inci
Karbu : Keihin PE28 mm
Knalpot : Custom
Galeri Motor : 085693999234 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa