Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KUN 2016 : Sekuat Apa "Copy-Paste" Mobil Nasional Hadapi Perdagangan Global?

Bagja - Senin, 6 Juni 2016 | 12:09 WIB

Mobil nasional jangan hanya akan menjadi arsip sejarah, hanya seperti selebritis musiman.

Jakarta - Bruummm, bruummm, sebuah mobil berjenis pikap, entah apa jenis dan modelnya, tiba-tiba menampang di pelataran Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kemudian langsung pamer aksi dengan menaiki tangga. Bisa? Iya, bisa.

Mengusung sistem penggerak All Wheel Drive, dengan ban model pacul, dua tiga anak tangga memang mudah saja dinaiki. Apalagi mesinnya berkapasitas 1.000cc, rasanya cukup untuk mendorong mobil ini melaju, juga menanjak.

Namun yang belum kita tau, dari mana dan bagaimana caranya ribuan komponen bisa bersatu membentuk sebuah mobil yang sementara ini dinamakan "Mobil Desa". 

Tim OTOMOTIFNET yang sedang belusukan mengkampanyekan Kontribusi Untuk Negeri (KUN) di bidang otomotif, kebetulan sedang berada di kota Semarang. Maka langsung saja menemui sang perancang Mobil Desa. 

Setyo Yuwono, Staf Humas Unnes menjadi juru bicara. Beliau mengatakan kalau Mobil Desa merupakan proyek riset anak-anak mahasiswa. 

"Kita sebagai instansi pendidikan mengembangkan mobil ini sebagai bahan riset, dan saat ini mobil tersebut masih terus dikembangkan," papar Setyo. 

Mobil Desa dirancang oleh Dosen Jurusan Teknik Mesin Unnes, Widya Aryadi bersama timnya yang terdiri dari Mahasiswa jurusan teknik otomotif Unnes. Nama yang tidak asing bagi OTOMOTIFNET, karena pernah menggagas--juga mobil nasional--Arina.

Mobil ini menggunakan mesin Viar berkapasitas 1.000cc. Komponen yang digunakan memang diambil dari berbagai sumber, dan si kreator berperan menjadi "koki" yang meracik komponen tersebut menjadi mobil yang sesuai kebutuhan.

Pikap ini juga sudah melewati sejumlah tahap, antara lain pembuatan prototipe dan uji emisi. Bahkan telah menjalani uji coba jalan sejauh 100 ribu km.

Next: Riset dan Pengembangan yang Lambat

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa