Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabubutips Cuci Mobil Jelang Buka Puasa

Bagja - Selasa, 7 Juni 2016 | 14:08 WIB

Jakarta - Meski sedang berpuasa, bukan jadi haram mencuci mobil. Apalagi, pemilihan waktu ideal untuk mencuci mobil adalah pagi dan sore hari. Nah, khusus untuk sore, asik juga dilakukan sambil menunggu buka puasa.

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti ketika mencuci kendaraan. “Pertama carilah lokasi yang teduh atau hindari mencuci mobil di bawah terik matahari secara langsung,” ujar Arie, dari Aumos Auto Detailing di kawasan Lenteng Agung, Jaksel. 

Biasanya waktu yang mendukung kondisi itu di bawah jam 8.00 dan di atas jam 17.00. Nah, jam 17.00 cocok tuh sebelum buka puasa.

Tujuannya, agar bodi mobil yang sudah diberi sampo atau cairan pembersih ketika disiram atau disemprot tidak cepat mengering sebelum dilap. Pasalnya jika sudah mengering sebelum dilap, bisa menghasilkan bercak pada cat mobil. 
Kemudian siapkan perlengkapannya di dekat mobil yang akan dibersihkan. Cukup setengah menit untuk menyiapkan perlengkapan itu kalau memang sudah dibeli di gerai-gerai aftermarket. 

Siapkan cairan atau sampo khusus pembersih mobil, selang air, ember, spons untuk mencuci, sikat untuk ban, dan lap microfiber. Untuk yang terakhir disebutkan memang didesain untuk mengangkat dan menahan kotoran. 

Hindari menggunakan handuk mandi biasa, lantaran tidak mampu mengangkat kotoran, tetapi hanya memindahkannya. Perhatian lebih bisa ditujukan pada cairan pembersih atau sampo mobil.

Sebaiknya hindari mencuci bodi kendaraan dengan menggunakan detergent atau sabun yang tidak diformulasikan khusus untuk cat mobil,” jelas Rizky Firmansyah selaku praktisi cat bodi yang juga pemilik gerai body repair & paint Garasi64, Jakarta. 

Menurutnya, bila hal tersebut tetap dilakukan, selain dapat membuat lapisan varnish menjadi lebih cepat kusam, ketahanan lapisan luar cat terhadap goresan lap juga berkurang. 

Nah, kalau sudah paham, silakan siram seluruh bodi mobil dengan air bertekanan tinggi. Tujuannya guna membuang kotoran yang melekat pada bodi mobil. 

Jangan lupa, lakukan hal yang sama pada kolong mobil, khususnya bagian kaki-kaki dan roda.Selanjutnya bersihkan mobil dengan sampo mobil dan bisa dilakukan dari panel per panel, serta lakukan dari bagian atap lebih dulu. 
Setelah semua panel diberi sampo, silakan siram dengan air. Sekadar catatan agar mobil tetap dalam kondisi basah selama dibersihkan, sampai Anda bersihkan dengan lap microfiber atau chamois. 

“Setelah semua panel dibilas, segera keringkan bodi dan kaca sebelum butiran air mengering sendiri menjadi noda,” bilang Rizky yang kerap memberikan cuci steam gratis pada seluruh customernya.

Kalau waktu masih tersisa di tengah kesibukan Anda, silakan bersihkan roda dan kolong mobil. “Bedakan lap untuk mencuci roda atau velg, lisplang dan bagian dalam bumper, dengan lap untuk bodi, karena bagian bawah bumper dan lisplang serta roda biasanya menumpuk kotoran berpasir, sehingga bikin baret.• 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa