Ngabubutips Cuci Mobil Jelang Buka Puasa

Selasa, 7 Juni 2016 | 14:08 WIB

Jakarta - Meski sedang berpuasa, bukan jadi haram mencuci mobil. Apalagi, pemilihan waktu ideal untuk mencuci mobil adalah pagi dan sore hari. Nah, khusus untuk sore, asik juga dilakukan sambil menunggu buka puasa.

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti ketika mencuci kendaraan. “Pertama carilah lokasi yang teduh atau hindari mencuci mobil di bawah terik matahari secara langsung,” ujar Arie, dari Aumos Auto Detailing di kawasan Lenteng Agung, Jaksel. 

Biasanya waktu yang mendukung kondisi itu di bawah jam 8.00 dan di atas jam 17.00. Nah, jam 17.00 cocok tuh sebelum buka puasa.

Tujuannya, agar bodi mobil yang sudah diberi sampo atau cairan pembersih ketika disiram atau disemprot tidak cepat mengering sebelum dilap. Pasalnya jika sudah mengering sebelum dilap, bisa menghasilkan bercak pada cat mobil. 
Kemudian siapkan perlengkapannya di dekat mobil yang akan dibersihkan. Cukup setengah menit untuk menyiapkan perlengkapan itu kalau memang sudah dibeli di gerai-gerai aftermarket. 

Siapkan cairan atau sampo khusus pembersih mobil, selang air, ember, spons untuk mencuci, sikat untuk ban, dan lap microfiber. Untuk yang terakhir disebutkan memang didesain untuk mengangkat dan menahan kotoran. 

Hindari menggunakan handuk mandi biasa, lantaran tidak mampu mengangkat kotoran, tetapi hanya memindahkannya. Perhatian lebih bisa ditujukan pada cairan pembersih atau sampo mobil.

Sebaiknya hindari mencuci bodi kendaraan dengan menggunakan detergent atau sabun yang tidak diformulasikan khusus untuk cat mobil,” jelas Rizky Firmansyah selaku praktisi cat bodi yang juga pemilik gerai body repair & paint Garasi64, Jakarta. 

Menurutnya, bila hal tersebut tetap dilakukan, selain dapat membuat lapisan varnish menjadi lebih cepat kusam, ketahanan lapisan luar cat terhadap goresan lap juga berkurang. 

Nah, kalau sudah paham, silakan siram seluruh bodi mobil dengan air bertekanan tinggi. Tujuannya guna membuang kotoran yang melekat pada bodi mobil. 

Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA