Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sinyal GPS Tidak Terdeteksi di Mobil, Kaca Film Penyebabnya?

Parwata - Rabu, 8 Juni 2016 | 08:05 WIB
Sinyal GPS Tidak Terdeteksi di Mobil Kaca Film Penyebabnya?
Billy/otomotifnet.com
Sinyal GPS Tidak Terdeteksi di Mobil Kaca Film Penyebabnya?

Otomotifnet.com - Pernah pusing karena sedang tersasar di suatu tempat, tetapi aplikasi navigasi di smartphone selalu menunjukkan informasi “No GPS Signal”?

Tenang saja, anda tidak sendiri kok. OTOMOTIFNET pun pernah mengalami kejadian ini ketika menyusuri jalan penuh tikungan di jalan Pantura.

Malah dibuat semakin bingung dengan kalimat tersebut yang terus menerus muncul. Anehnya, notifikasi tersebut menghilang dan GPS kembali berjalan normal ketika jendela mobil dibuka.

Alasannya? Mungkinkah kaca film yang dipakai? “Ya, penggunaan kaca film yang tidak tepat akan membuat frekuensi atau sinyal dari radio, smartphone dan GPS tidak dapat menembus keluar jendela, sehingga akan mengganggu mobilitas kenyamanan selama berkendara,” terang Christopher Sebastian, President Director PT Makko Raya Cemerlang (MRC).

Namun seperti apa kaca film yang tidak tepat?

Melihat dari sulitnya mendapat sinyal, maka metal atau logam jadi tersangka terbesar. Masalahnya, hampir setiap kaca film mengandung metal, seperti yang dijelaskan Billy Susanto, Customer Support Manager PT V-Kool Indo Lestari.

“Memang ada beberapa lapis metal dalam kaca film kami, namun jenis gelombang yang ditolaknya itu adalah ultraviolet dan infra merah. Jika GPS sampai terhalang, ada kemungkinan juga memanfaatkan salah satu gelombang tadi,” jelas Billy.

Adapun produksi kaca film dengan logam kini dilakukan dengan metode Sputtering dan memiliki berbagai kandungan logam seperti emas, perak maupun indium. Sedangkan hampir setiap sinyal,baik selular, radio maupun GPS memanfaatkan RF (radio frequency), yang konon seharusnya tidak terganggu oleh kandungan logam di kaca film ini.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa