Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Vios Club Indonesia Chapter Karawang Unik Dengan Satu Wiper

Parwata - Jumat, 10 Juni 2016 | 10:45 WIB

Toyota Vios Club Indonesia Chapter Karawang Unik Dengan Satu Wiper

Karawang - Berkumpul dalam satu komunitas, jadi sulit untuk terlihat unik. Makanya, masing-masing anggota memiliki ide sendiri untuk membuat mobilnya terlihat beda dibanding yang lainnya. Namun apa yang dilakukan Heri Ekek terhadap Toyota Vios miliknya, jelas masih membuat kebanyakan anggota TVCI (Toyota Vios Club Indonesia) terheran-heran.

“Wiper Toyota Vios kan biasanya ada dua batang, kalau di mobil saya cuma ada satu,” jelas Heri. Hal ini tidak dilakukan hanya dengan melepas wiper yang satunya lagi. Melainkan ganti modul wiper, yang memang hanya menggunakan satu batang untuk membersihkan seluruh permukaan kaca depan. Solusinya, apalagi kalau bukan pakai wiper milik saudaranya, Etios Valco.

Meski sebenarnya ditujukan untuk menurunkan cost produksi, namun tidak bisa dipungkiri betapa uniknya mekanisme satu wiper ini, apalagi ketika dipopulerkan di mobil seperti Mercedes-Benz E-Class W210. Nah, mau tahu cara menggantinya? Cek lengkapnya di bawah ya. • (otomotifnet.com) / Sano

1. Bila wiper asli Toyota Vios generasi pertama menggunakan ukuran 22 inci di sisi pengemudi dan 14 inci di penumpang, wiper milik Etios Valco hanya sebuah berukuran 26 inci. Memang lebih besar, namun karena hanya satu dan konfigurasi single arm non-controlled-nya sudah pasti memiliki permukaan mengelap yang tidak lebih besar dibanding sistem tandem standarnya Vios. Bisa dibilang, modifikasi ini lebih berguna untuk gaya dibanding mengedepankan fungsi

2. “Kalau mau ganti pakai wiper Etios, harus otomatis ganti motornya juga. Satu set belinya sekitar Rp 1 jutaan, semua dudukannya plug and play, tidak perlu ada yang diganti, kecuali batang dan motornya,” jelas pria yang juga pemilik Honda Civic dan Mitsubishi Eterna.

3. Anggota TVCI chapter Karawang ini tidak menyarankan untuk melakukan prosesnya sendiri, karena sedikit melibatkan proses elektrikal. Namun kurang lebih, perlu melepas kedua batang wiper dengan kunci T, kemudian panggangan sate (cowel panel) dengan obeng plus, baru mengganti motor asli Vios dengan milik Etios. Jangan lupa untuk tidak memasang lagi batang wiper yang sudah tidak terpakai.

4. Pasang kembali semua komponen dan selesai! Kini Vios anda akan terlihat lebih unik dengan satu wiper yang besar, tanpa terlalu mengurangi fungsi aslinya dan akan berjalan normal tanpa mentok ke satu sisi atau yang lainnya.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa