Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Klakson Hella di Honda BeAT eSP, Suaranya Lebih Melengking

Otomotifnet - Kamis, 9 Juni 2016 | 10:21 WIB

Jakarta - Membunyikan klakson di jalan perkotaan seperti Jakarta sudah jadi kebiasaan, hampir setiap menit kita mendengarnya. Beda dengan negara lain seperti Jepang dan Inggris, hampir enggak pernah terdengar “tin-tin” atau “tet-tot”.

Saking pentingnya klakson bagi pemotor di Indonesia, banyak yang pakai punya mobil. “Padahal cara itu sebaiknya dihindari,” wanti Vincent Lo, GM PT Sumber Berkat yang mengageni merek Hella. “Punya mobil dayanya terlalu besar, listrik aki akan terkuras, usianya jadi singkat,” imbuhnya.

Sebagai contoh milik motor yang model single berarus 1,5 Ampere (A), dengan tegangan 12 volt (V) maka dayanya 18 Watt (W). Sementara mobil bisa sampai 4,8 A atau berdaya 57,6 W. “Bahkan yang keong bisa 7,2 A, itu tentu salah kaprah,” lanjut pria yang berkantor di daerah Taman Sari, Jakbar.

Makanya Vincent menyarankan untuk pemotor jika ingin suara klakson yang lebih nyaring, pakai saja yang memang dikhususkan bagi roda dua namun punya spesifikasi lebih tinggi. Ambil contoh produk Hella dengan tipe Sound +. “Suara yang dihasilkan lebih nyaring,” ujarnya berpromosi.

Jika melihat spesifikasinya, klakson Hella ini punya arus sama dengan standar 1,5 A, bedanya punya suara lebih keras mencapai 109 dB, frekuensinya juga tinggi 480 Hz. Pantas saat dites suaranya lebih melengking dan cempreng. Sementara produk standar punya spek 105 dB.

Bagaimana pemasangan klakson dengan harga sekitar Rp 50 ribu ini? Tentu simpel banget! Nih dicontohkan pada Honda BeAT eSP. (Otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa