Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kualifikasi Pertama Le Mans 24 Hours: Porsche Team Mendominasi

Sabtu, 18 Juni 2016 | 17:37 WIB

LE MANS - Ajang balap ketahanan mobil paling bergengsi Le Mans 24 Hours berlangsung (18-19/6) di trek Bugatti Le Mans. Kelas LMP1, Porsche memamerkan kedigdayaannya.

Dua besutan Porsche Team LMP1, Porsche 919 Hybrids menyabet dua pencetak waktu tercepat di sesi kualifikasi pertama. Di ajang balap ketahanan penentuan sistem kualifikasinya berbeda dengan balap mobil umumnya.

Katakanlah F1 atau WTCC untuk posisi startnya mengaplikasi standing start (start dari posisi mobil diam). Sementara di balap ketahanan menggunakan rolling start di mana semua mobil dalam kondisi jalan dengan kecepatan yang telah ditentukan hingga kemudian lampu start mati dan pembalap diperbolehkan berakselerasi.

Begitu pula dengan sistem kualifikasinya yang dibagi jadi tiga sesi. Penentuan posisi start berdasarkan hasil akumulasi terbaik dari tiga sesi tersebut.

Nah di sesi pertama Porsche Team, skuat nomor 2 dan 1, menyabet dua besar.  Oh iya, kubu Porsche di balap ketahanan ini menurunkan dua mobil dengan komposisi pembalapnya, adalah Timo Bernhard, Mark Webber dan Brendon Hartley (mobil nomor 1) dan Romain Dumas, Neel Jani dan Marc Lieb (mobil nomor 2).

Rival tim Porsche datang dari pabrikan besar lainnya sepeti Audi, Toyota dan Nissan yang juga membidik kemenangan di ajang balap ketahanan paling bergengsi ini.

Modal kualifikasi pertama memang belum berarti apa-apa mengingat masih ada dua sesi kualifikasi di Le Mans 24 Hours ini.

"Masih ada sehari lagi untuk kualifikasi sebelum menghadapi balapan sesungguhnya. Hasil sesi pertama menunjukkan pikiran kami sudah di saat balapnya," celoteh Mark Webber yang juga eks-pembalap F1 di tim Red Bull itu.

Sesi kualifikasi 2 dan 3 bukan tidak mungkin Audi, Toyota dan Nissan bakal memberikan kejutan. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa