Test Drive Audi Q7 3.0 TFSI Quattro

Jumat, 24 Juni 2016 | 08:50 WIB

Jakarta - Teringat peluncurannya di pameran otomotif nasional tahun 2015 lalu, PT Garuda Mataram Motor mengejutkan masyarakat Indonesia dengan mendatangkan SUV mewah ini perdana di Asia Tenggara.

Mengetesnya lebih jauh, ternyata masih banyak hal yang membuat All New Q7 3.0 TFSI Quattro sebagai sebuah SUV mewah sejati. Meski tentu saja, harga di atas Rp 2 miliar selalu jadi hal yang dipertanyakan, mengapa semahal itu padahal setiap pesaingnya masih dibanderol di kisaran Rp 1,5 miliaran.

Untungnya, sangat banyak aspek yang membuat setiap sen dari harga tersebut worth the spending. Penasaran? Hasil test drive OTOMOTIF soal All New Audi Q7 di bawah.

Fitur

Bahas yang satu ini mungkin akan paling lama. Untuk menggambarkan seberapa canggihnya Q7, untuk menaikkan wiper saja ketika ingin cuci mobil, perlu dilakukan via menu settings di MMI (Multi Media Interface). Contoh lain, ketinggian air suspension juga bisa dinaikkan untuk memudahkan proses penggantian ban, juga diatur dari MMI.

Namun hal tersebut baru sebagian kecil. Bagian terkerennya justru ada di pintu yang menutup secara halus, dengan mekanisme vakum yang biasa ada di sedan ultra-mewah, diklaim satusatunya di kelas SUV ini.

Masuk ke dalam, pengaturan jok dan tilt telescopic setir sudah full elektris, tidak kurang layar 12,3 inci dari Virtual Cockpit dan layar retractable 8,3 inci langsung menyambut ketika tombol Start/Stop Engine ditekan.

Oh ya, safety belt juga secara otomatis mengencangkan ikatan, ketika mobil mulai melaju. Bila langsung ingin terhibur, cukup koneksikan smartphone ke MMI via USB atau Bluetooth dan dengarkan lantunan The Four Seasons yang dimainkan Vivaldi dari sound system Bose dengan 19 speaker, 3D Sound dan Advanced Staging Technology-nya.

Kalau mau lebih puas di belakang, harus mengadopsi sound system dari Bang & Olufsen yang juga memberikan suara 3D di kabin tengah. Masih ada lagi HUD, ambient lighting, bagasi elektrik, jok belakang yang dioperasikan secara elektrik hingga Matrix LED yang terus-terusan membantu papan penunjuk di jalan tol tersinari dengan sempurna.

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA