Antisipasi Masalah MPV Untuk Libur Lebaran

Kamis, 23 Juni 2016 | 13:28 WIB

Memang kini pilihan MPV untuk mudik sudah makin banyak, namun perlu juga diketahui setiap masalah yang berpotensi mengganggu liburan

Jakarta - Mendekati libur Hari Raya Lebaran, tidak asing lagi ketika nama MPV atau Multi Purpose Vehicle makin populer. Bagaimana tidak, leganya ruang yang didapat, kapasitas penumpang yang ditawarkan, hingga bentuk yang kini makin eye catching jadi daya tarik utama.

Namun di balik banyaknya pilihan MPV dan aspek menguntungkan yang dimilikinya, selalu ada kekurangan di balik ruang besar yang ditawarkannya. Kali ini OTOMOTIF mengumpulkan beberapa MPV paling populer, serta data spesifikasi, performa, konsumsi, hingga masalah-masalah yang biasa dialami, sebagai panduan worry free ketika libur mudik nanti. 

Isuzu Panther

Jadi salah satu MPV paling legendaris di Indonesia, apalagi kalau bukan karena mesin dieselnya. Memang bukan yang paling modern, namun sistem pembakaran belum common rail mengizinkan Panther menggunakan Solar konvensional, sehingga tak perlu khawatir diajak berpetualang ke pelosok daerah.

Mesin 4JA1L dengan kapasitas 2.499 cc dan turbocharger, menghasilkan tenaga maksimum 80 dk dengan torsi 191 Nm, bahkan mencapai 60 km/jam membutuhkan 10 detik lebih. Namun masalah sebenarnya adalah di satusatunya pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan.

Namun segi positifnya, suspensi yang empuk akan membuat perjalanan jauh terasa nyaman, selama tidak memikirkan hal seperti body roll atau limbung. Oh iya, jangan lupakan absennya faktor safety seperti Airbag dan ABS, agar ekstra hatihati ketika di jalan nanti ya. •

Data Test

Performa
0 - 60 km/jam: 10,16 detik
0 - 402 meter: 20,81 detik
Konsumsi BBM
Dalam kota: 10 km/l
Luar kota: 14 km/l
Konstan 100 km/jam : 16,65 km/l

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA