Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Skutik Listrik Viar Dipatok Setara GESITS, Kurang Dari Rp 20 Juta!

Dimas Pradopo - Minggu, 19 Juni 2016 | 13:06 WIB

Jakarta - Skutik listrik buatan Viar yang sudah mulai dipamerkan di Jakarta Fair 2016 di JIXepo, Kemayoran mulai kemarin (18/6) dipasarkan dengan harga yang terjangkau. "Kami pasarkan Rp 16 jutaan off the road Jakarta dan sudah bisa dipesan," buka Frengky Osmond, Marcomm Viar Motor Indonesia (VMI).

Bila dibandingkan dengan skutik listrik Terra asal Jepang, tentunya jauh lebih murah. Pasalnya Terra dijual dengan harga lebih dari Rp 50 jutaan. Dan jika dibandingkan dengan harga yang direncanakan skutik listik GESITS, ternyata tidak jauh berbeda.

GESITS yang buatan Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini rencananya akan segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera dijual ke konsumen pada tahun 2018. Harga jualnya diprediksi tidak akan lebih dari Rp 20 juta.

"Kami bisa lengkapi skutik listrik ini dengan STNK, jadi tidak perlu khawatir untuk legalitasnya," beber Frangky. Meski begitu pria bertubuh tambun ini masih belum bisa memperkirakan harga on the road-nya.

Kedua skutik listrik ini bernama Pulse untuk varian berdesain futuristik, sedang yang modern klasik bernama Q1. Khusus Viar Q1 masih dalam tahap pengetesan dan belum bisa dipesan. Sedang untuk Viar Pulse sudah bisa dipesan mulai dari sekarang.

Untuk spesifikasi, kedua unit ini menggunakan dinamo motor listrik dari BOSCH dengan daya maksimal 1.200 watts untuk Viar Pulse. Sedangkan Viar Q1 mampu memuntahkan power maksimal sebesar 800 watts. Walaupun maksimal power yang dimuntahkan berbeda, namun kedua unit tersebut memiliki top speed maksimum yang sama di angka 60km/jam.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis battery yang tertanam di kedua unit ini, untuk Viar Pulse menggunakan battery jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium yang secara bobot lebih ringan sehingga pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maksimum speed yang sama” jelas Frengky. Baterai harus dicharge selama 5 sampai 7 jam untuk bisa digunakan berjalan sejauh 100 km. (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa