Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KUN 2016: Mengintip Proses Produksi Oli Pertamina Langsung dari Pabrik

Arief Aszhari - Sabtu, 18 Juni 2016 | 08:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Gresik - Selain mengunjungi pabrik suspensi terbesar di Asia Tenggara, Indospring Tbk, tim Kontribusi Untuk Negeri (KUN) 2016 juga sempat mengunjungi Lube Oil Blanding Plant (LOBP) PT Pertamina (Persero) di Gresik, Jatim.

LOBP Gresik yang dibangun mulai April 2007 sampai Juli 2008 ini merupakan penggantian atau modernisasi LOBP Surabaya. Pabrik ini mulai beroperasi pada Agustus 2008 silam, dan saat ini memiliki kapasitas produksi hingga 120 ribu kiloliter pertahun.

LOBP Gresik ini merupakan LOBP termodern yang dibangun Pertamina dibanding LOBP lainnya yang berada di Jakarta, Cilacap, dan Surabaya. Tempat ini juga memproduksi pelumas untuk kebutuhan industri marine dan otomotif.

No caption
No credit
No caption
mengunjungi Lube Oil Blanding Plant (LOBP) PT Pertamina (Persero) di Gresik

"Kita memiliki tiga kemasan di sini, yaitu yang seperti di jual di pasaran baik 1L atau 5L, kedua kemasan drum, dan ketiga kemasan curah," papar Dody Arief Aditya, Operation Head LOBP Gresik.

Untuk memproduksi oli, terdapat dua bahan yaitu base oil dan additive. Dan LOBP ini sudah sangat modern karena memang sudah menerapkan teknologi In Line blending dan Automatic Blech Blending. 

Untuk penyimpanan, terdapat 8 unit tangki base oil dengan kapasitas total 10.500 m3

"Untuk penyimpanan, terdapat 8 unit tangki base oil dengan kapasitas total 10.500 m3, 9 unit tangki additive dengan kapasitas total 3.500 m3, dan 11 unit tangki TMB untuk additive," tambah Dody.

Untuk proses produksi, mulai dari blending hingga pengemasan memang sudah dikerjakan secara otomatis atau robotic.

Sementara itu, untuk sarana dan fasilitas pendukung lain di LOBP ini terdapat laboratorium untuk memeriksa mutu pelumas yang akan dipasarkan baik produk dan kemasannya, serta laboratorium produk yang digunakan untuk menguji pelumas Pertamina yang akan dipasarkan dengan standar internasional.

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa