Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Daihatsu Gran Max 1.3 M/T 2013, Tambah Turbo Makin Ngacir

Rabu, 29 Juni 2016 | 09:03 WIB

Turbo yang dipakai berlabel HKS. Namun sudah dikombinasi biar makin ngacir

Jakarta - Dilihat secara fisik eksteriornya, sedikit sekali perubahan yang dilakukan pada Daihatsu Gran Max 1.3 M/T keluaran 2013 yang satu ini. 

Paling pada dudukan pelat nomor yang ada di sepatbor sebelah kiri dan itu dari ide kreatif si empunya. Tapi coba perhatikan secara seksama di sepatbor depan bagian tengah. 

Ada sedikit modifikasi yang dilakukan di posisi tersebut dan setelah ditengok, ternyata ada intercooler di dalamnya. Pemasangan part yang satu ini, sudah barang tentu identik dengan urusan turbo. “Yup, Gran Max saya ini dipasang turbo. 

Alasannya ingin ada hal baru pada kendaraan jenis MPV ini,” ucap Rachmad Andika ST, si empunya kendaraan.

Benar saja, ketika jok berlapis suede di sisi penumpang dibuka, terdapat turbo. Ruang mesin yang sempit itu juga, terdapat piping melintang dari kiri ke kanan. Turbo yang dipakai berlabel HKS. 

Namun enggak sepenuhnya yang dipasang produk dari HKS. Pria yang doyan turun di speed off-road kelas FFA itu, mengkombinasikan turbin housing dari HKS dengan compressor housing dari Mitsubishi.

Tujuannya untuk memperbesar pasokan udara. “Hasil akhir yang didapat dari kombinasi tersebut adalah performa putaran mesin bawahnya terasa lebih nendang,” jelasnya.

Ruang mesin boleh sempit, tapi dengan kelegaan ruang di belakang bumper depan, membuat seting piping lebih mudah dilakukan. Bahkan lewat difusser, udara luar bisa dipakai untuk mendinginkan perangkat turbo.

Dengan kondisi seperti ini, panas turbo bisa cepat diredam. Sehingga penumpang yang sedang duduk disisi tersebut, enggak perlu merasakan hawa panas berlebih yang datangnya dari bawah jok. “Urusan aplikasi turbo ke Grand Max ini, dibilang susah ya susah. 

Tapi yang jelas semuanya enggak bisa asal pasang. Harus diukur secara presisi termasuk urusan bubut membubutnya,” ungkap Andika. • (otomotifnet.com / oct)

Plus: 
- Performa mesin 1.3 l Grand Max langsung naik drastis

Minus:
- Eksterior terkesan biasa saja

Data Modifikasi:

Ban: Achilles 195/50R15
Pelek: Sparco
Per: SBM Custom
Turbo: HKS
Compressor: Mitsubishi
Intercooler: Apex
Piping: Custom
Head Unit: Pioneer AVX P3300BT
Speaker: Cello
Power Amplifier: PCA 2X
Sub Woofer: Pioneer 12 inci

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa