Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi Bahan Bakar Pertamina Diklaim Melonjak Jelang Lebaran

Tejja Bramantyo - Rabu, 29 Juni 2016 | 15:13 WIB

Jakarta. Momen mudik lebaran identik dengan semakin ramainya lalu lalang kendaraan bermotor sebagai sarana menuju kampung halaman. Hal tersebut dinilai PT Pertamina (Persero) juga akan meningkatkan jumlah penggunaan BBM selama perjalanan di momen ini.

Secara umum, rata-rata peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) akan berada di angka 4% dengan rincian yang berbeda di tiap varian BBM.

Untuk konsumsi Pertamax diperkirakan akan meningkat sebesar 28% atau sekitar 6246 KiloLiter (KL) dari rata-rata hariannya yang hanya 4800 KL. Lalu untuk BBM terbaru Pertamina yaitu Pertalite, melonjak cukup tajam dari 3160 KL menjadi 4328 KL atau sekitar 36%. Imbasnya, Premium yang selama ini menjadi volume maker hanya mencatatkan kenaikan sebesar 3% saja dari 17600 KL menjadi 18157 KL.

“Konsumsi Pertalite meningkat karena semakin sadarnya konsumen mengenai bahan bakar yang berkualitas, juga selisih harganya yang tidak terlampau jauh dibanding Premium,” yakin Nurhadiya selaku Retail Fuel Marketing MOR III PT Pertamina (persero) di Jakarta (28/6) lalu.

Lain halnya yang terjadi pada Solar, BBM untuk mesin diesel ini justru mengalami penurunan sampai 78% atau sekitar 6708 KL dari rata-rata hariannya yang mencapai 8560 KL. “Penyebab utama berkurangnya konsumsi solar ialah adanya pembatasan operasional truk menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H,” tambah Nur sapaan akrab pria ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa