Premium, Pertalite dan Pertamax untuk Perjalanan Jauh, Lebih Mahal Atau Lebih Murah

Kamis, 30 Juni 2016 | 23:30 WIB

Mana dari 3 pilihan bahan bakar bensin yang jadi prioritas utama, cadangan 1 dan cadangan 2?

Jakarta - Lihat di SPBU Pertamina, pilihan bahan bakar kendaraan mesin bensin ada 4 (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus). Dari pilihan tersebut, kemungkinan besar yang akan banyak dipilih hanya Premium, Pertalite dan Pertamax.

Namun dari 3 pilihan tersebut, kira-kira mana yang lebih menguntungkan bila dijadikan bahan bakar utama menemani perjalanan panjang saat liburan. Mari berhitung dengan contoh kota tujuan Yogyakarta, Jateng, yang jaraknya lebih kurang 550 km dari Jakarta.

Perjalanan dilakukan dalam kondisi normal. Kalau pakai macet-macetan, tentu waktu tempuh bisa berubah banyak.  Mana yang jadi pilihan utama, cadangan 1 dan cadangan 2.
 
Konsumsi

Mengujinya, OTOMOTIF menggunakan Toyota Avanza keluaran 2011 bertransmisi otomatis. Pengetesan pakai tangki khusus yang diisikan bahan bakar sebanyak 2 liter. Kecepatan kendaraan dipatok konstan pada 100 kpj.

Beberapa kali pengetesan, hasilnya mirip dengan tes konsumsi luar kota. Itu yang jadi alasan kenapa kecepatan dipatok konstan 100 kpj. Prosedur pengetesannya, setelah tangki khusus tersebut diisi bahan bakar, Avanza digas sampai mogok dengan kecepatan konstan yang sudah ditentukan.

Kemudian baru dihitung angka kilometer saat start dan finish, saat mesin benar-benar mati.

Konsumsi BBM
Premium     11 km/l
Pertalite     13 km/l
Pertamax     14 km/l

 Tes Dyno

Dengan alat ukur dynometer, enggak hanya melihat data performa mesin. Tapi juga bisa melihat penyesuaian yang dilakukan oleh ECU, saat terbaca bahan bakar apa yang digunakan Avanza tes. “Pakai Premium, memang enggak ngelitik.

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA