All About Dongkrak, Perhatikan Letak Dan Caranya

Kamis, 30 Juni 2016 | 23:17 WIB

Sering terabaikan, peranti yang satu ini tidak boleh diremehkan karena peran pentingnya saat darurat
    
Jakarta -
Tahu kah kalau dongkrak pada Suzuki APV tersembunyi di balik kap depan? Bagaimana dengan milik Toyota Avanza yang ada di bawah jok penumpang depan?

Masalahnya di generasi sekarang yang serba praktis, biasanya mobil langsung dipakai ketika sudah sampai ke garasi, tanpa pernah membaca buku manual yang berisi informasi penting. Sampai terjadi sial seperti ban bocor, baru bingung karena tidak tahu lokasi atau cara mengoperasikan dongkrak untuk mengganti ban.
    
Pentingnya alat yang satu ini sering kali terlupakan karena letaknya yang tidak terlihat. Kali ini, OTOMOTIFNET akan menjabarkan berbagai hal soal alat penyelamat ini, agar pembaca tidak terbengong-bengong ketika mengalami kesialan seperti di atas saat libur Lebaran yang akan dilalui sebentar lagi. 

Lokasi

Sama seperti setiap mobil diinsinyurkan berbeda-beda, penempatan alat yang satu ini pun berbeda-beda di tiap merek. Meski begitu, ada beberapa posisi mainstream yang bisa langsung dilihat, ketika tidak mengetahui posisi dongkrak.

Yang pertama adalah di atas ban serep yang terletak di bawah cover bagasi, lalu di dalam kompartemen rahasia di sebelah kiri atau kanan bagasi dan yang terakhir ada di bawah jok pengemudi.

Banyak mobil lainnya yang memiliki posisi lebih spesifik, berikut beberapa di antaranya:

. Toyota Yaris, Vios, Avanza, Daihatsu Xenia: Di bawah jok penumpang depan, tertutup cover plastik
. Toyota Kijang Innova: Di kompartemen tertutup di sebelah kiri bagasi
. Honda Freed, Nissan Serena: Di kompartemen tertutup di sebelah kanan bagasi
. Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Hyundai Grand Avega, Honda Jazz (GK5): Di kompartemen khusus di atas ban serep
. Hyundai H-1: Di kompartemen tertutup di samping side step pengemudi
. Suzuki APV, Mitsubishi Maven: Di dalam ruang di balik kap depan

 Perlengkapan

Sebelum berangkat melakukan perjalanan libur panjang, sebaiknya melakukan cek and ricek. Enggak hanya pada urusan kesiapan kendaraan saja, tapi juga perlengkapan yang tersedia. Jangan sampai, begitu ban kempis terus karena tools enggak lengkap, jadi susah kan mau ganti ban.

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA