Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuma Diproduksi 500 Unit, Ini Dia Ducati 1299 Panigale S Anniversario

Dimas Pradopo - Kamis, 7 Juli 2016 | 09:03 WIB

Italia - Bertepatan dengan gelaran World Ducati Week lalu, Ducati merilis Ducati 1299 Panigale S Anniversario. Varian limited dari seri Panigale ini hanya dipasarkan sebanyak 500 unit saja. Perbedaan dengan versi standar ada di warna, wheelbase yang lebih panjang untuk stabilitas dan penggunaan beberapa komponen lebih ringan juga update electronic termasuk paket traction control baru.

Paling menarik adalah membahas all-new “EVO” traction and wheelie control system yang dipasang pada motor ini. Teknologi ini juga rencananya akan dipasang di beberapa moge terbaru Ducati versi 2017.

Menggunakan software baru agar bisa dikombinasikan dengan perangkat Bosch Inertial Measurement Unit untuk mengkalkulasi slip di roda belakang. Perangkat tersebut akan langsung memerintahkan pengapian, fuel injection dan memanipulasi bukaan katup kupu-kupu di throttle body untuk menciptakan tenaga yang lebih halus saat terdeteksi terjadi slip.

Dan bedanya lagi, jika pada sistem kontrol traksi sederhana, dapat mendeteksi slip ban belakang tapi mengurangi intervensi ketika roda belakang mendapatkan kembali grip. Jika terjadi slip lagi, siklus berulang mencari batas ideal traksi. Menurut Ducati, sistem EVO mengurangi besarnya osilasi ini untuk kontrol traksi yang lebih tepat.

Agar lebih ringan, segitiga sokbreker depan bagian atas pakai material aluminium solid yang juga jadi tempat disematkannya nomor produksi dari motor yang hanya ada 500 unit ini. Pemangkasan bobot juga didapat dari pemasangan material bodi dari carbon dan aki jenis lithium ion.

Terakhir, untuk yang doyan ngebut di sirkuit, motor ini juga sudah dilengkapi dengan knalpot Akrapovic juga ada cover untuk menutupi lubang plat nomor khusus ketika akan dipakai turun di sirkuit. Jos! (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa