Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Yamaha Mio M3 Seken Tahun 2014, Siapkan Dana 9 Jutaan!

Otomotifnet - Senin, 18 Juli 2016 | 12:20 WIB

Jakarta - Motor bekas (motkas) yang satu ini memang cukup menggemaskan, selain keren, dan tentunya irit. Yamaha Mio M3 125 merupakan keluaran PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang diperkenalkan ke publik Indonesia pada akhir tahun 2014. Skutik ini sendiri digadang-gadang sebagai pengganti Yamaha Mio J di segmen skutik low-end.

Melihat tampilan, Mio M3 125 bukan hanya Mio lama yang disegarkan, tetapi merupakan produk yang seluruhnya baru, baik dari segi desain, mesin, dan fitur. Perubahan yang paling kentara tentu ada pada mesin. Jika pada generasi sebelumnya menggunakan mesin berkapasitas 115 cc, pada Mio M3 kapasitas mesin naik menjadi 125 cc berteknologi Blue Core dengan sistem pengabutan injeksi.

Mesin tersebut jelas membuat skutik ini secara signifikan lebih irit bahan bakar dan secara performa lebih baik dibanding pendahulunya. Lalu pada sektor bodi, karena memang ganti model maka perubahan dilakukan secara menyeluruh. Desain Mio M3 125 dominan dengan garis-garis tegas yang memberikan skutik ini kesan sporti.

Seluruh perubahan pada sektor bodi membuat dimensi Mio M3 lebih gambot. Meskipun begitu, secara handling tetap lincah.

Fitur yang ditawarkan pada Mio M3 125 tidak jauh berbeda dengan skutik Yamaha lain, tetapi merupakan perubahan yang signifikan dari generasi sebelumnya. Seperti rumah kunci yang sudah dilengkapi shutter key, side stand switch, parking brake pada tuas rem belakang, dan lampu indikator eco untuk memastikan
putaran mesin paling efisien saat berkendara.

Nah, bagi yang tengah berminat dengan unit bekas dari Mio M3 125, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama siapkan dana di kisaran Rp 8,5 juta - Rp 9,5 jutaan. Lalu, skutik ini memiliki dua masalah yang umum ditemui, pertama aki cepat tekor dan kedua fuel pump tersumbat.

“Penyakit yang saya biasa temui itu aki tekor dan fuel pump tersumbat. Kalau aki tekor dikarenakan rata-rata kiprok bermasalah. Sedangkan kalau fuel pump
macet itu karena pemilik pakai bensin premium, kotoran yang terdapat pada jenis BBM ini dapat dengan cepat menyumbat fuel pump. Oleh karena itu, matik Yamaha disarankan untuk pakai bensin dengan minimal oktan 92,” jelas Haikal, Service Advisor PT. Sumber Mas Motor, bengkel resmi Yamaha di daerah Kalibata, Jaksel.

Untuk harga, pada saat diluncurkan PT. YIMM membanderol Mio M3 dengan harga Rp 13,980 juta untuk varian pelek racing dan RP 13,080 juta untuk varian pelek jari-jari. Setelah satu setengah tahun, baik di showroom motor bekas atau pun situs jual beli online, kini kisaran harganya berada di angka Rp 8,5 juta – Rp 9,5 juta. Tentu harga tersebut tergantung dengan kondisi unit dan kelengkapannya. • (Otomotifnet.com / Bob)

Spesifikasi Singkat
Kapasitas Mesin: 125 cc
Konfigurasi Mesin: 1 silinder, 2 klep SOHC
Transmisi: A/T

Kelebihan
1. Irit bahan bakar dan rersponsif
2. Model masih fresh
3. Handling lincah dan suspensi empuk

Kekurangan
1. Minim fitur baru
2. Resale value belum terjaga
3. Ekstra perhatian pada aki dan fuel pump

Menakar Biaya Servis
Servis motor bekas menjadi agenda wajib pemilik baru setelah berpindah tangan. Untungnya untuk Yamaha Mio M3 125, biaya servis dan spare parts tergolong sangat terjangkau, jadi si pemilik baru tidak perlu mengeluarkan kocek besar lagi untuk melakukan penyegaran motor.

Biayanya sendiri sekitar Rp 32 ribu untuk melakukan servis ringan dan Rp 90 ribu untuk servis besar. Nah jangan lupa juga untuk melakukan servis CVT dan membersihkan injektor, masing-masing dibanderol Rp 30 ribu dan Rp 50 ribu. Sedangkan untuk spare parts, sebagian besar komponen yang diganti masih berkutat di komponen fast moving. •

Harga Komponen
Kampas rem depan Rp 55.000
Kampas rem belakang Rp 47.000
Filter udara Rp 41.000
Busi Rp 13.500
Oli gardan Rp 33.000
Oli mesin Rp 57.000
Gear Oil Rp 10.500
V-belt Rp 77.000
Roller Rp 9.000 / pcs
Sumber: Yamaha Kalibata (PT Sumber Mas Motor),
Jl. Raya Pasar Minggu No.11, Kalibata, Jaksel,(021)-7974259

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa