Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi VW Scirocco 2.0 TSi 2012, Fokus Di Performa

Parwata - Selasa, 9 Agustus 2016 | 08:43 WIB

Tujuan modifikasinya supaya bisa mengalahkan mobil yang lebih kencang walaupun di trek pendek

Jakarta - Sejak awal VW Scirocco ini dibeli, Robin memang sudah berniat ingin meningkatkan penampilan dan performa mesinnya. "Saya beli Scirocco karena modelnya keren dan parts aftermarket-nya cukup banyak, jadi gampang modifikasinya," ujar Robin.

Awalnya cuma ganti pelek, rupanya ia ketagihan dan akhirnya malah merembet ke modifikasi performa mesin. "Naik ke stage 2, reflash ECU, ganti exhaust system dan pasang intercooler," bilang pria ramah ini.

Kemudian ia mencoba adaptasi lagi dengan settingan baru mesinnya sampai sekitar 6 bulan. "Lama-lama terasa seperti standar lagi, butuh di-upgrade lagi nih, hahaha," gelaknya. Karena kakinya sudah menuntut lebih, Robin pun kembali menaikkan performa Scirocco miliknya ini.

"Kali ini saya mau naik ke stage 4!" serunya. Wow!  Akhirnya turbo standar bawaan diganti turbo Revo K04 yang lebih besar, sekalian juga intercooler lansiran Neuspeed. Agar lebih enteng, puli mesin diganti dengan Neuspeed, kemudian ECU di-reflash dengan Revo stage 3.

Tak lupa upcharge dan discharge dari Neuspeed juga dipasang. "Upcharge yang dari intake ke intercooler, kalau yang discharge dari intercooler ke turbo.

Kalau yang aslinya dari bahan plastik, ini dari bahan billet yang lebih kuat dan lebih besar," ulas Anthony dari Revo Technik yang bertanggung jawab untuk modifikasi mobil ini. Oh iya, Water Methanol Injection (WMI) Cooling Mist juga dipasang. "Dengan WMI ini pembakaran bensin jadi lebih bagus karena ada udara dingin tambahan dari WMI tadi," bilang Robin.

Mesin sudah kencang, tentunya faktor safety juga harus ditingkatkan. Agar pengereman jadi lebih pakem, BBK Brembo GT 380 mm 4 pot dipasang di depan dan rem belakang pakai cakram dan brakeline Neuspeed.

Lalu kaliper rem belakang Scirocco R dan kampas remnya dari Stoptech. Sekarang kalau ngebut jadi lebih yakin dong? "Pastinya, buat nikung saja enak banget kok. Tidak ngebuang sama sekali," bilang pemukim di kawasan Kuningan, Jakpus, ini. Gasssss! * (otomotifnet.com) / Kyn

Data Modifikasi VW Scirocco 2.0 TSi 2012
Eksterior: Body wrap 3M Red, add-on karbon
Mesin: Turbo Revo K04, coilpack Audi R8, twin Intake gabungan antara K&N dan Forge, downpipe Akrapovic, DSG reflash stage 2, upcharge dan discharge Neuspeed, WMI Cooling Mist
Pelek dan Kaki-kaki: Swaybar depan belakang Neuspeed 28 mm spek racing, underbrace CPM Tech. Brembo GT 380 mm 4 pot, disc dan brakeline Neuspeed dengan kaliper Scirocco R, kampas rem Stoptech, coilover KW DDC, pelek SSR matte black 19x8,5+9,5 inci, ban Yokohama Advan Neova AD08R 235/35R19 dan 265/35R19

Plus:    Modifikasi fokus di performa mesin
Minus : Interior tidak ada ubahan

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa