Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Mazda MX6 M/T 1991 Full Orisinal, Hadiah Untuk Istri

Parwata - Senin, 1 Agustus 2016 | 07:58 WIB
Modifikasi Mazda MX-6 1991
Kyn/Otomotifnet
Modifikasi Mazda MX-6 1991

 

Ada rasa bersalah kalau yang dipasang bukan part orisinal

Yogyakarta - Zaman kuliah di UPN Yogyakarta jurusan Ekonomi, Wisnu Anggoro kesengsem dengan Mazda MX6 dan secara kebetulan berkelir putih. Salah satu alasannyanya adalah performa mesin yang tangguh buat gas pol.

Keinginan zaman kuliah pada 1996 itu dibawa sampai sekarang. Dengan alasan untuk kendaraan harian mantan pacar yang sekarang sudah jadi istri, ditebuslah 1 unit MX6 keluaran 1991 M/T.

“Kebetulan dapat bahannya dengan kelir yang sama seperti yang saya suka, yakni putih. Selain itu, kondisinya juga enggak banyak yang harus direstorasi,” jelas suami Astri Ariani Dianisyah.

Oleh karena diperuntukkan untuk sang istri, maka urusan ubahan enggak lagi berkaca pada mobil kencang. Berubah total jadi ke Japan Domestic Market alias JDM.

“Part yang menempel juga mesti barang orisinal dari Mazda Speed. Ada rasa bersalah bila pasang bukan barang ori. Stiker parkir gedung juga enggak boleh menempel,” tegasnya.

Berburu barang dari kendaraan yang umurnya lebih dari 10 tahun butuh sabar. Apalagi brand Mazda di Tanah Air enggak setenar kendaraan Jepang lain berlabel Toyota atau Honda.

Berselancar di dunia maya untuk mencari part MX6 jadi jalan keluar keinginan Wisnu untuk pasang barang orisinal. Amerika jadi negara tujuan untuk belanja online.

“MX6 pernah jadi car of the year di Amerika dan itu jadi alasan kenapa belanja ke sana. Salah satunya adalah pelek ukuran 17 inci seri LM01,” jelasnya.

Barang pesanan yang baru datang 6 bulan ini, bukan sembarangan. Orisinal dari Mazda Speed ini dibuat istimewa karena keikutsertaan mereka di ajang balap ketahanan Le Mans, Prancis.

Tapi bukan berarti belanja di Amerika itu selalu sukses. Wisnu lupa kalau di negeri Paman Sam itu posisi setirnya ada di kiri.

“Jadi pas order switch power window, hanya menyebutkan peruntukannya saja. Nah lo, order memang enggak ada yang salah tapi barang yang datang sebelah kiri. Makanya terus order lagi untuk yang sebelah kanan, tapi dapatnya malah dari Australia,” tutur Wisnu.

Saat ini barang yang sedang ditunggu jok orisinal. Meski sudah pasang jok Recaro, lagi-lagi ada rasa bersalah kalau pasang bukan part orisinal, membuat Wisnu rela menunggu lebih dari 2 bulan lagi. 

Data Modifikasi Mazda MX6 M/T 1991
Ban: Achilles 205/45R17 (depan), 215/45R17 (belakang)
Pelek: Mazda Speed LM01
Knalpot: Orisinal
Radiator: Orisinal
Water pump: Orisinal
Cat: Orisinal
Interior: Orisinal

Plus : Barang orisinal bikin orang lain iri
Minus : Karat tipis jadi pekerjaan rumah yang harus cepat selesai

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa