Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Produksi Toyota Sienta, Diramu Dalam 27 Jam, Dirakit Cukup 2,8 Menit

Arief Aszhari - Selasa, 26 Juli 2016 | 11:22 WIB

Karawang- Dalam proses produksinya, di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 2, Jabar, 1 unit  Toyota Sienta dari tidak berwujud hingga menjadi sebuah mobil memerlukan waktu 27 jam dengan masa perakitan (takt time) 2,8 menit (169 detik).

Proses produksi ini dilakukan dalam beberapa fasilitas produksi yang terdiri dari Press Shop (Fasilitas pengepresan), Welding Shop (Fasilitas Pengelasan), Paint Shop (Fasilitas Pengecetan), Engine Shop (Fasilitas Manufaktur Mesin), dan Assembly Shop (Fasilitas Perakitan).

Menurut Yui Hastoro, Direktur PT TMMIN, dalam satu hari produksi seluruh line-up Toyota di Karawang Plant 2 membutuhkan 2,4 juta part lokal, dan untuk Sienta sendiri membutuhkan 1.500 part lokal.

"Jika dalam sehari kurang jelas berapa unit, namun dengan jumlah part sebesar itu merupakan tantangan buat kita agar part tidak boleh terlambat. Jadi pengembangan supplier benar-benar harus diperhatikan," tambah Yui.

Untuk tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4.000 unit per bulan. "Jadi untuk takt time itu tergantung dari permintaan marketing, jadi biasanya kita rapat bersama tiga bulan sekali untuk berapa jumlah yang harus diproduksi ke depannya," pungkas Yui.

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa