Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Spesifikasi All New Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja 250

Antonius Yuliyanto - Jumat, 5 Agustus 2016 | 20:45 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kendati data spesifikasi All New CBR250RR yang dikeluarkan Honda belum lengkap, namun membandingkan dengan rival-rivalnya tetap menarik. Sebagai contoh melihat bore x stroke yang ditawarkan, dari data ini saja sudah bisa terlihat karakter tenaga dan torsi.

CBR250RR ternyata punya bore x stroke yang mirip Ninja 250, cuma beda langkah piston 0,2 mm. Tepatnya 62 x 41,4 mm, sedang Ninja 62 x 41,2 mm. Dengan spek yang demikian overbore, biasanya mesin bisa melengking tinggi dan menawarkan ledakan tenaga yang besar di putaran atas. Sementara torsi di putaran bawah akan biasa saja kalau enggak dibilang loyo.

Meski demikian, kabarnya diakali oleh insinyur Honda dengan menerapkan crank shaft berat ditambah balancer, agar torsi tetap besar sehingga untuk stop and go lebih enak. Untuk pastinya sih tunggu nanti kalau sudah test ride ya. Oh ya, infonya putaran mesin CBR250RR ini lebih dari 14.000 rpm! “Sekitar 14.200 rpm,” bisik sumber otomotifnet.com.

Sedikit beda dengan R25, yang menggunakan spek 60 x 44,1 mm. Langkahnya sedikit lebih panjang, sehingga dimungkinkan torsi lebih besar, namun putaran maksimal bisa lebih rendah. Namun hal ini enggak mutlak, karena dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kualitas komponen yang dipakai.

Dari sisi dimensi, CBR250RR ternyata paling lebar (724 mm). Jarak jok dari tanah juga ternyata paling tinggi, 790 mm. Untuk kapasitas tangki, CBR250RR beda tipis dengan R25 (14,5 vs 14,3 liter), yang paling besar Ninja 250 yang bisa menampung 17 liter bensin.

Seperti apa spesifikasi lengkap ketiganya? Yuk kita simak.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa