MPV World 2016: Grand New Toyota Veloz 1.5 A/T Usaha Terbaik Sebuah Avanza

Sabtu, 6 Agustus 2016 | 21:54 WIB

Meski masih terasa limbung khas bodi tinggi, MPV nomor satu ini tetap menunjukkan hal positif ketika diajak berlibur ke Bandung

Jakarta - Semenjak kelahirannya lebih dari satu dekade lalu, Toyota Avanza selalu menjadi raja MPV di Indonesia, bahkan hingga versi Grand New kini. Tidak salah dong untuk menjajal MPV nomor satunya orang Indonesia, saat berlibur Lebaran pada MPV World 2016 kali ini. Kami dipercayakan dengan varian Avanza paling tinggi, yaitu Grand New Veloz (GNV) 1.5 A/T.

Dengan harga lebih dari Rp 230 juta, MPV 7-seater ini memiliki price tag yang kelewat tipis dengan harga Kijang Innova flagship ketika pertama kali keluar. Membuat ekspektasi jadi lebih tinggi? Jelas saja. Veloz berkelir Dark Red Mica Metallic ini menemani kami melewati berbagai jenis medan jalan dari Jakarta ke Bandung.

Mulai dari cruising berkecepatan tinggi di jalan tol ketika jalanan sepi, kondisi ngadat di jalan dalam kota Bandung, aspal berlubang hingga tanjakan dan turunan curam sambil menggendong 5 orang penumpang dan penuh muatan. Bagaimana kisahnya? Ikuti di bawah.

Kenyamanan    

Masih sama, posisi duduk pengemudi pada jok fabric GNV termasuk tinggi tanpa height adjuster. Tak apalah, justru membuat melihat ke sekitar lebih mudah. Pada city speed mengitari Dago-Cihampelas, kenyamanan seluruh penumpang terjaga. Suspensi belakang 4-link baru yang cukup keras, akan lebih masuk akal ketika jok tengah diisi agar membuat bantingan lebih empuk.

Poin plusnya, diisi 7 penumpang sambil melewati jalan rusak, kini sudah tidak memantul-mantul lagi seperti dulu. Namun melewati tol Cikampek-Cipularang di atas 80 km/jam, baru kembali hal yang selalu dikeluhkan pengguna Avanza.

Seakan roda tidak menapak, rasa limbung sangat terasa ketika GNV mulai mejajaki kecepatan tinggi. Improvement yang sangat terasa adalah soal kedap suara. Duduk di depan, road dan boom noise jauh berkurang.

Performa

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA