Tips Electric Starter Yamaha NMAX Ngadat, Cuman Modal Goceng

Selasa, 2 Agustus 2016 | 15:07 WIB

Jakarta - Waduh, tombol electric starter Yamaha NMAX ngadat dipencet enggak ada respons?  “Tapi setelah dipencet berulang-ulang baru mau menyala lagi, kan bikin gondok kalau kejadian kayak gini pas lagi buru-buru,” gerutu Muhammad Ariza, salah satu pengguna Yamaha NMAX yang mengalami hal ini.

Bukan cuma NMAX, kejadian serupa juga kerap menimpa motor lain. Penyebabnya bisa karena kotoran yang mengerak, debu dan sisa-sisa air saat kehujanan atau mencuci jadi tertuduh.

Dan ternyata benar, setelah di cek ke bengkel resmi Yamaha terlihat ada bekas air.Penyebabnya karena menyemprot air bertekanan saat mencuci.

“Kotoran menyelinap masuk menghalangi arus listrik pada switch, makanya kadang-kadang jadi ngadat enggak mau menyala.” papar Azhari, kepala mekanik dari Yamaha Flagship Shop (FSS), Cempaka Putih, Jakpus.

Kalau sudah begini harus bongkar untuk membersihkan. Bisa bongkar sendiri di rumah kok, dengan modal obeng bawaan motor yang ada di bawah jok, kunci L3 dan amplas. Beli amplas paling cuma goceng doang hehe.. Yuk kerjakan sendiri! • (otomotifnet.com / Sigit)

Oh tidaaaak, tombol electric starter enggak respons saat dipencet?
Proses pertama, lepas dulu baut switch dengan obeng plus
Lalu lepaskan pengunci tali gas dengan kunci L3. Setelah terbuka baru lepaskan switch dari rumahnya sehingga bisa lebih leluasa untuk membersihkannya.
Lanjut dengan melepas per yang ada pada switch. Setelah per lepas baru ketahuan biang keroknya konektor berupa besi bulat kecil yang terlihat kotor
Membersihkannya cukup amplas halus sampai besi pengantar arus ini bersih kembali, kelar tinggal pasang lagi deh dengan cara seperti sebelumnya. Gampang kan?

Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih : 021-4215888

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA