Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Toyota Calya G A/T

Parwata - Rabu, 3 Agustus 2016 | 15:01 WIB

Bagai melihat Agya, Veloz, Yaris hingga Kijang Innova yang digabung layak fruit punch, membentuk jus dengan rasa luar biasa

Jakarta - Sebelum mengagumi MPV monokok LCGC dengan berbagai kelebihan fitur dengan price tag miring ini, OTOMOTIF tidak bisa berhenti membayangkan desain familiar apa saja yang bisa dilihat di sekujur bodi Calya yang baru saja diluncurkan di Toyota Karawang Assembly Plant, Jawa Barat.

Lihat saja kalau tidak percaya. Lampu depan seperti diambil dari Agya, gril krom dan radiator besar hingga handel pintu mirip milik Grand New Veloz. Spion bersama sirip-sirip aerodimanikanya ambil punya Yaris, sedangkan buritan bersama reflektor “L”nya seperti mencontek Kijang Innova.

Tentu semua tadi memiliki persamaan untuk menciptakan bahasa Keen Look yang semakin disempurnakan. Bersama dimensi kompaknya, yang lebih pendek 12 cm dan rendah 95 mm, kami rasa Calya much better to be seen in person.

Bahkan, berkat ground clearance 180 mm terlihat lebih proporsional dibanding kakaknya dari segala sisi. Dari luar pun, Toyota memastikan calon pembelinya menyukai apa yang akan diperolehnya.

Mulai dari pelek 14 inci sudah berkelir dual tone, sensor parkir dua titik, wiper belakang hingga ban serep yang sudah full size dan diletakkan di bawah mobil. Untuk sebuah “Toyota Punch”, kesan pertama yang pesaing Datsun Go+ berikan ini jauh dari MPV murahan.

Lebih Perhatian Detail

Menapak ke dalam, ciri khas yang selalu membedakan Toyota dari Daihatsu langsung terlihat. Safety belt sudah tiga titik untuk semua jok, sayangnya membuat penumpang di sebelah kanan mudah terganggu sabuk tersebut. Kemudian titik ISOFIX juga tersedia di kiri dan kanan baris tengah.

Corak interior yang digunakan sama seperti Grand New Veloz. Yaitu, mengkombinasikan warna hitam dan cokelat tua. Memberikan kesan lebih meriah dibanding hitam monoton tanpa mendatangkan kesan murahan. Saat duduk di depan, kami cukup senang karena posisi duduknya tidak terlalu tinggi seperti di Avanza.

Meski memang tidak serendah yang bisa diberikan MPV monokok lainnya seperti Suzuki Ertiga. Sayangnya, setir berdesain Avanza tidak memiliki pengaturan tilt atau telescopic. Kelebihan dibanding pesaingnya, jok depan kiri dan kanan bisa diatur secara terpisah. Pemisah bangku depan bagian tengah bisa dijadikan armrest yang cukup empuk.

Senjata fitur, head unit Double-DIN yang sudah mengusung Bluetooth termasuk langka di kelas LCGC. MID lengkap pun begitu, masih bersama one-touch triple turn signal. Pelengkap jus Toyota ini justru adalah jantung dari hatchback Etios Valco. Mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc yang sudah bertenaga bertenaga 88 dk berkat Dual VVT-i. Pertama kali juga mesin ini disambungkan ke transmisi otomatis 4-percepatan.

Data Spesifikasi All New Astra Toyota Calya G A/T

Mesin: 3NR-VE 4-silinder segaris, 16 klep, DOHC dengan Dual VVT-i
Kapasitas Mesin: 1.197 cc
Rasio Kompresi: 11,5 : 1
Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Depan
Tenaga Maksimum: 88 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum: 108 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi: Otomatis 4-percepatan
Dimensi (p x l x t): 4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
Wheelbase: 2.525 mm
Ground Clearance: 180 mm
Radius Putar: 4,5 m
Sistem kemudi: EPS (Electronic Power Steering)
Suspensi Depan: MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer
Suspensi Belakang: Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer
Rem Depan / Belakang: Cakram Berventilasi / Teromol dengan ABS
Ukuran Ban: 175/65 R14 Bridgestone Ecopia
Kapasitas Tangki: 36 liter
Harga:Cayla Rp 129,65 juta-Rp 150 juta.

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa