First Impression Daihatsu Sigra R A/T

Rabu, 3 Agustus 2016 | 15:02 WIB

Iming-iming harga Rp 140 jutaan dan dimensi lebih luas dari Datsun Go+, apa yang diberikan MPV LCGC Daihatsu ini lebih baik dari harapan

Jakarta - Jujur, sebelum datang melihat adik dari Xenia ini, OTOMOTIF harus mengeset ekspektasi yang sangat rendah untuk menghindari diri dari kecewa. Di luar dugaan, kami justru dikejutkan tanpa henti ketika mengeksplorasi seluruh sisi Sigra.

Mulai dari luar, hal-hal sederhana seperti banyaknya lekukan di kap mesin dan gril radiator heksagonal besar yang diletakkan di antara gril krom dan rumah foglights jelas tidak membuatnya terlihat sebagai mobil murah.

Belum lagi hal-hal minor seperti adanya peredam pada kap mesin atau pintu yang suaranya tidak seperti “kaleng kerupuk” ketika ditutup. Seperti yang dilakukan terhadap Great New Xenia, Daihatsu juga menambahkan banyaknya komponen hiasan, seperti chrome window lining, door visor, chrome lower plates, yang mungkin dibuat untuk membuat orang tua semakin tertarik karena seakan terlihat mewah.

Pilihan warna interior memang tidak semewah Calya, menggunakan kelir hitam untuk jok dan kombinasi hitam-putih di dasbor. Paling tidak, juga tersedia seat pocket di sebelah kiri, pun juga satu cup holder di door trim baris kedua. Tidak mengurangi budget, electric window dipakaikan untuk keempat jendela. Begitu juga pengaturan spion sudah elektrik tanpa pelipat elektrik.

Real 7-Seater

Mengetes apakah Sigra sanggup disebut sebuah 7-seater sungguhan, kami masuk ke kabin belakang. Dengan pengaturan slide dan recline untuk jok baris kedua, leg room dan head room tester setinggi 175 cm sama sekali tidak ada masalah. Melangkah ke dalam justru lebih mudah dibanding ke Xenia berkat ground clearance 180 mm yang lebih rendah.

Masuk ke baris ketiga, cukup gunakan tuas one touch tumble. Sudut duduk menjadi sedikit lebih tinggi dan akan cukup pegal jika digunakan perjalanan jauh, begitu pula head room yang terpentok bila harus sandaran di headrest adjustable-nya. Namun dengan bantuan bubblehead-lining roof dan jok tengah yang bisa di-slide, baris ketiga sangat masih masuk akal untuk digunakan orang dewasa.

Fitur lain yang tidak biasa ditemukan di LCGC, power outlet tambahan pada baris kedua yang bisa digunakan untuk menge-charge smartphone. Kemudian armrest depan adjustable yang cukup empuk. Lalu kedua sun visor bahkan kedapatan vanity mirror. Begitu pula hal-hal yang jadi khas Sigra-Cayla, yaitu MID, head unit Double-DIN, immobilizer, dual airbags dan ABS.

Sekali lagi, tadinya kami mengira Sigra hanya akan menjadi Ayla yang dipanjangkan, dengan banyaknya keterbatasan di sektor ini dan itu. Sebaliknya, kami justru cukup terkesan dengan impresi pertama ini dan jadi tidak sabar untuk mencoba performa mesin 3NR dan transmisi otomatis 4-percepatannya!

Data Spesifikasi All New Daihatsu Sigra R A/T:

Mesin: 3NR-VE 4-silinder segaris, 16 klep, DOHC dengan Dual VVT-i
Kapasitas Mesin: 1.197 cc
Rasio Kompresi: 11,5 : 1
Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Depan
Tenaga Maksimum: 88 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum: 108 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi: Otomatis 4-percepatan
Dimensi (p x l x t): 4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
Wheelbase: 2.525 mm
Ground Clearance: 180 mm
Radius Putar: 4,5 m
Sistem kemudi: EPS (Electronic Power Steering)
Suspensi Depan: MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer
Suspensi Belakang: Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer
Rem Depan / Belakang: Cakram Berventilasi / Teromol dengan ABS
Ukuran Ban: 175/65 R14 Bridgestone Ecopia
Kapasitas Tangki: 36 liter
Harga: Sigra Rp 106 juta--149 juta

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA